Menganalisis Atmosfir Toko retail SMESCO Mart Al-Hikam.
Jln. Cengger Ayam No 25 Malang
Bertempat di pesantren mahasiswa Al-hikam Malang
selama 4 tahun lebih dan sudah berkali-kali mengunjungi Smesco mart Al-hikam,
tak ada salahnya jika saya menganalisis toko retail favorit masyarakat ini.
saya sebagai anak ekonomi dan bisnis ingin mengetahui mengapa al-hikam ini jauh
lebih ramai dibandingkan retail indomaret dan alfamart sebelah. analisis ini
tidak memenuhi syarat ilmiah yang bisa dibuktikan dengan pembuktian empiris,
namun bukan pula sangat subjektif karena saya anak Al-hikam. apapun itu inilah
hasilnya. ini dia...!!
Dewasa
ini persaingan dalam dunia bisnis semakin ketat dan banyak perusahaan yang
dituntut untuk dapat memberikan pelayanan yang terbaik bagi konsumen atau
pelanggannya dalam memenuhi semua keinginan konsumen. Konsumen merupakan hal
yang penting untuk kelangsungan sebuah perusahaan, oleh karena itu
mempertahankan konsumen sangatlah perlu dilakukan oleh sebuah perusahaan, agar
kesuksesan sebuah perusahaan dapat tercapai. Berdasarkan hal tersebut pelayanan
merupakan landasan dasar yang memperkuat keseluruhan proses pemasaran untuk
dapat terus berjalan.
Atmosfer toko
adalah gambaran suasana keseluruhan dari sebuah toko yang diciptakan oleh
elemen fisik (eksterior, interior, display) dan elemen psikologis (kenyamanan,
pelayanan, kebersihan, ketersediaan barang, kreativitas, promosi, teknologi
EXTERIOR SMESCO
ALHIKAM.
Menganalilisi
mengenai retail yang saya jadikan obyek penelitian yaitu mini market smesco
mart di jalan Cengger Ayam No 25 mulai dari atmosfer toko yan dijelaskan diatas
yang saya rasakan ekteriornya ada
standarisasi karena mulai penataan pintu jendala sehingga isi yang di dalam
toko kelihatan. Lahan parkir yang ada di depan alhikam cukup luas bisa
menampung belasan sepeda motor dan beberapa mobil
INTERIOR SMESCO
ALHIKAM.
Interior dalam market tersebut juga saya lihat
sudah ada setingan dengan penataan sejajar menurut saya itu sangat membantu
calon pembeli untuk memudahkan mencari barang yan dicari, display dari market
tersebut saya melihatnya barang barang tertentu sedikit jika kita ingin membeli
dalam jumlah banyak tidak ada sahingga kadang kala pada waktu mencari barang
yang di beli tidak tersedia sehingga kadang kala itu membuat konsumen enggan
kembali, sedangkan kenyaman, pelayanan, kebersihan, keseterdiaan barang,
kreativitas, promosi teknologi saya kira sudah mewadai karna sudah ada
standarisasi dari pusat sehingga suasana market sangan nyaman mulai dari
penyapaan di awal masuk, ruangan sejuk, lantai bersi, mesin kasir yang
diengkapi sensor, pmbayaran bisa lewat kartu, dll.
Lokasi
adalah suatu tempat yang di pertimbangkan perusahaan dalam mendirikan usahanya
karna mempengaruhi tingkat penjualan suatu usanya biasanya dilhat dari
kedekatan bahan baku, dekat dengan SDM
yang terampl, dan konsumen akhir. Lokasi dari smesco mart saya kira sudah tepat
dalam penentuan dan penenmpatanya karena dari analisis dan survei yang saya
lakukan terdapat fakta di panjaitan adalah tergolong permukiman padat penduduk, kebanyakan
penduduknya pegawai dan mahasiswa yang kost serta di lokasi pendirian usaha
tidak terlihat market sejenis yang menjadi pesaing smesco mart.
Image
adalah citraan sebuah usaha atu perusahaan
di mata masarakat yang mempengaruhi persepektif terhadap baik dan
buruknya suatu perusahaan atau usaha. Image smesco mart di mata konsumen saya
melihat cukup baik karena adapun permasalahan yang ada di masarakan mulai dari
penguasaan pagsa pasar market dan pembunuhan secara halus pada retail kecil
rumahan, tapi dalam analisis yang saya lihat citra smesco mart sangat
berpengaruh karena tingkat orang yang membeli di sana lebih tinggi dari pada di
toko kecil rumahan. Karena kultur di indonesia saya melihat orang lebih
kelihatan sedikit kaya kalo membeli di pusat pembelanjaan yang punya nama
meskipun belinya hanya mie instan.
Harga
adalah suatu nilai tukar yang bisa di samakan dengan uang atau barang lain
untuk manfaat yang diperoleh dari suatu barang atau jasa bagi seseorang atau
kelompok pada waktu tertentu dan tempat tertentu. Harga di pusat pembelanjaan
seperti di alframart saya menganalisisnya tidak cukup murah, malah saya
melihatnya makin mahal karena pajak tertanggung oleh konsumen belum lagi ada
insentif pajak lagi untuk beban pembayaran pegawai beda dengan retail rumahan
yang saya kira lebih murah karna tidak ada beban yang tertanggung banyak
seperti di smesco mart.
Layout toko adalah gambar tampak atas yang
berskala dari sebuah area toko yang memperlihatkan, pembagian area sebagai
berikut:
a.
Area back
office : ruang karyawan, ruang penerimaan barang, gudang, ruang preparasi,
toilet, mushola, ruang makan, ruang mekanikal & elektrikal.
b.
Area
penjualan : area yang dirancang untuk mendisplay barang, terjadinya interaksi
antara konsumen dan karyawan, demo produk dll.
c.
Area
penunjang : fitting room, transportasi vertical, main road, toilet.
Layout
toko dari penjelasan di atas di bagi menjadi 3 bagian mulai dari Area back
office yang saya melihatnya kurang mewadai sebagai contoh di alfamar tidak di
lengkapi ruang karyawan, ruang preparasi, toilet, mushola, ruang makan, ruang
mekanikal & elektrikal, sehinga konsumen tidak bisa lebih lama di tempat
market mungkin juga karena tempat yan kecil dan juga sifatnya cepat. Area
penjualan yang saya lihat di smesco mart sudamewadai untuk pengunjung
berintraksi karena kasir terdapat 2 tempat, sedangkan kurangnya di tempat demo
prodak belum tersedia sehingga kalo ada barang baru konsumen jarang yang
mengetahi adanya barng tersebut. Area penunjang ini yang saya lihat tidak
tersedia di smesco mart mak dari itu sebaknya area penunujang ini di adakan
karena mempengarui kenyamana konsumen dalam berbelaja di smesco mart.
KELEBIHAN-KELEBIHAN SMESCO MART AL-HIKAM
Beberapa
kelebihan yang dimiliki oleh smesco mart alhikam waktu kami mengunjungi dan
observasi disana kami temui yaitu:
1. memberikan service excellence yang
meliputi kecepatan, ketepatan, keramahan dan kenyamanan.
2. Letak yang sangat strategis berdekatan
dengan 3 ATM dan pusat
pendidikan.
3. Terdapat beberapa pedagang yang berada
di depan toko sehingga membuat smesco seolah-olah rame.
4. Harga Produknya murah karena tidak ada biaya waralaba
dan biaya karyawan minim Karena dijaga oleh santri sendiri.
5. Produk variance yang lengkap
KEKURANGAN-KEKURANGAN SMESCO MART ALHIKAM
- Seringnya
menerima anak magang membuat smesco mart kurang maksimal dan kurang
cekatan ketika ada masalah
- Jalan
raya yang tidak lurus, agak berbahaya bagi pejalan kaki
- Seragam dan performa karyawan termasuk kurang
tanggap dibandingkan retail modern lainnya.
0 komentar:
Posting Komentar