Kamis, 13 Februari 2014

Pesantren Mahasiswa Al-Hikam

bismillahirrahmanirrahim...
Assalamualaikum sahabat edufunia, kali ini sharing tentang PesMa Al-hikam Malang. pesantren kedua akak zaenal. okaayy... here the story....
logo PesMa Al-Hikam
Pesantren Mahasiswa Al Hikam itu keren dah pokoknya, mempunyai cita-cita untuk menggabungkan sisi positif perguruan tinggi dan pesantren. Menjadi orang pinter dan bener, menjadi orang yang mendayagunakan rasio namun sangat menjunjung rasa (pikiran dan hati). hal tersebut bertujuan untuk mewujudkan generasi yang mempunyai penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi, berbudi pekerti luhur serta memiliki kepribadian dengan tetap memegang ajaran islam, budaya dan semangat keIndonesiaan. Tuhh… keren banget kan..!! dari visi al-hikam tak perlu diragukan lagi kecintaan dan semangat berkontribusi pada Indonesia Raya.
Pengasuh Al-hikam, Abah Hasyim Muzadi
Al-Hikam untuk indonesia, Al-Hikam untuk semua….!!
MOTTO PESANTREN
- Amaliah Agama
- Prestasi Ilmiah
- Kesiapan Hidup




JIWA PESANTREN

- Ikhlas Dalam Beramal
- Jujur dalam bersikap
- Sederhana dalam Hidup
- Santun dalam bergaul
- Mandiri dalam bersaha
- Berjuang bersama-sama

Untuk lebih jauh tentang Al-hikam, silahkan kunjungi web resminya aja yaitu http://al-hikam.or.id/ … akak zaenal akan sharing tentang pengalaman selama 4 tahun disana, ok
sebelum masuk Al-hikam, harus lolos dari serangkaian test diantaranya test kemampuan agama dasar, test bahasa inggris dan interview. kalo menurut akak sih pertanyaannya gampang dan sangat basic. insyallah kalo dah pernah belajar agama, apalagi pernah nyantren (alumni pesantren) insyallah bisa. (ada juga loh yang g lolos test). kira-kira menjawab sekitar 40 soal lalu lanjut kepada test interview. test interview ini seputar idealisme, keinginan/komitmen dan kepatuhan akan peraturan pesantren. dan Alhamdulillah... akak dinyatakan "DITERIMA". dan langung menempati kamar 28. (kamar pertama ditempati bersama diantara mukti, aziz, fahim, afriz).
setelah kuota penuh dan dinyatakan ditutup maka seperti biasa dilaksanakan Masa Orientasi Santri (MOS) sekitar 1 minggu, kalau g ikut mos bisa saja dicabut hak menjadi santri karena MOS adalah suatu kewajiban. setelah resmi dinyatakan sebagai santri baru ditandai dengan pemberian kartu tanda santri (KTS), mulailah berbagai pengalaman, acara, pengajaran, bimbingan dan suka duka dilalui bersama dengan santri lainnya. 
Al-Hikam Gengster, dan ketuanya adalah akak :-)
suasana ketika masuk kelas dirosah. bersama ust Munjin Nasikh
setelah setahun lebih di alhikam, akak diamanahkan menjadi ketua Penerimaan Santri baru (PSB). entah kenapa kok akak yang dipilih, mungkin karena loyalitas kepada pesantren dan orangnya yang ramah... hehehe... namanya aja marketer, yaa harus ramah.... oklah apapun itu amanah harus dilaksankan sebaik mungkin... ini dia brosur PSB Al-hikam. dan alhamdulillah berkat pertolongan Allah SWT target santri tercapai dan sampai nolak santri karena kouta dan penuh. (+- 85 santri baru)

brosur PSB Al-Hikam Malang

PSB 2011 Team
juga aktif dalam organisasi Pesantren Mahasiswa Al-hikam Malang (OSPAM), menjadi bagian ketua bidang Hubungan Sosial bersama rahmat dalam priode "OSPAM Loyalitas" yang bertugas sebagai hubungan dengan masyarakat luar dan koordinator adek asuh al-hikam.
Pelantikan OSPAM Loyalitas oleh abah hasyim muzadi disaksikan oleh seluruh santri Al-hikam

alhikam itu penuh acara yang bermanfaat dan sering dihadiri oleh tokoh- Indonesia ataupun dunia diantaranya jusuf kalla, ust yusuf mansur, ust qurais syihab, yusril izha mahendra, mahfud MD, Abraham Samad, Ary ginanjar Agustian, kiai-kiai se nusantara dll:









banyak kegiatan yang bermanfaat selama di Al-hikam dan banyak Hal baik yang diperoleh selama nyantri disana, hingga tak terasa sudah memasuki tahun ke 4 hingga akhirnya diwisuda dan dinyatakan lulus oleh PESMA Al-Hikam. 4 tahun berlalu terasa begitu cepat, sangat cepat...

Prosesi Wisuda, toga diganti dengan serban (green torban

Peserta Wisuda Angkatan 2008 dari santri pesma  (Non Ma'had Aly)
sampai jumpa lagi para sahabat Al-Hikam, ketemu lagi di Puncak kesuksesan sampai ketemu kembali di Surga.

banyak yang bertanya apakah alhikam untuk mahasiswi juga ?? sayang sekali alhikam hanya untuk santri putra/mahasiswa saja. kalau ada adik putri yang berminat mau masuk pesantren mahasiswa, akak nyaranin di  PesMa Firdaus Malang , klik link tersebut.

7 komentar:

  1. saya kok ganteng sendiri..jadi ga enak

    BalasHapus
  2. Semoga menjadi pesantren model/percontohan.
    Kunjungi juga ya blog sy http://brillyelrasheed.blogspot.com atau http://sby-corporation.blogspot.com.

    BalasHapus
  3. terimakasih billy atas kunjungannya, ok saya kunjungi juga blogmu. salam kenal... :-)

    BalasHapus
  4. Apakah Al-Hikam Malang menerima mahasiswi?

    BalasHapus
  5. Joko tri : normal 4 tahun, kalo kurng dari itu tidak bisa mengikuti wisuda.

    Nailul : alhikam malang tidak ada untuk mahasiswi, rekomendasi pesantren putri di malang : Pesantren mahasiswa firdaus malang.

    BalasHapus
  6. jam wajib di pondoknya itu jam berapa aja bang ?
    sama biayanya berapa ?

    BalasHapus

Edufunia Right. Diberdayakan oleh Blogger.