Sabtu, 21 Desember 2013

Pesantren Mahasiswa Firdaus Malang dan Tanya Jawab Seputar Pesantren (FAQ)

Assalamualaikum sahabat edufunia… ^_^




Tulisan Kali Ini tentang pesantren ke tigaku, yaitu pesantren mahasiswa FIRDAUS. Setelah diwisuda dari PESMA Al-Hikam dan FE UM, aku mendapat gelar “Ust” dari Al-Hikam dan “S.E” dari FE UM. Jadi namaku sekarang adalah Ust.M Zaenal Abidin S.E padahal targetnya adalah Prof.Dr.H.M Zaenal Abidin M,Pd M.M. hahaha…. Itu hanya mimpi aja, g papa kan mumpung masih gratis… namun... apalah arti gelar akademis tanpa manfaat bagi orang lain… tull ?  

(gelar ust itu cuma bo'ongan doang, ustadz itu bukan dilihat dari mana ia lulus, tapi bagaimana ia berdakwah dan mengamalkan ilmunya. okayy...

Ok kita fokus ke PESMA firdaus, setelah lulus dari Al-Hikam aku melanjutkan studi di pascasarjana UM. Sempat ngekos selama 1 bulanan namun sepinya teman serta tidak ada kegiatan yg ku kira bermanfaat aku memutuskan untuk kembali ke habitatku (masuk pesantren lagi). aku mulai mencari informasi daftar pesantren di malang. Akhirnya muncul beberapa 5 nama. 1. Al-Hikam lagi, 2. Nurul huda 3. Al-furqon 4. Alfadholi 5. Firdaus. Ku analisis dan ku timbang dengan keadaanku, mimpiku, kebutuhanku idealism dan cita-cita ku, keadaanku di pasca dll aku memutuskan untuk memilih PESMA FIRDAUS. Mengapa aku memilih pesma firdaus ?

Ini dia profil PESANTREN MAHASISWA FIRDAUS MALANG.

Pesantren Mahasiswa Firdaus Malang

Masjid di dekat PESMA Firdaus
PESMA Firdaus Malang berdiri pada tahun 1989 dengan no badan hukum 17/PP/YYS/II/1989 didirikan oleh bapak Drs.Abdul Halim Rofi’i,M.Ag dan Ibu Dra. Nur Aini Almascatty beliau berdua adalah pengasuh semenjak tahun pendirian hingga saat ini. Pesantren mahasiswa Firdaus adalah salah satu oase lembaga pendidikan islam untuk mahasiswa di malang yang ingin memadukan pendidikan rasionalitas perguruan tinggi dengan spiritualitas ketuhanan yang berlandaskan Al-qur’an sehingga output yang diharapkan adalah melahirkan generasi cendikia yang berfikir, bertindak dan hidup di bawah naungan Al-qur’an.

Motto    : “Dengan Al-Qur’an Bangun Militansi, Intelektualitas Dan Spiritualitas”
Visi        : Melahirkan Generasi Cendikia Yang Berfikir, Bertindak Dan Hidup Dibawah Al-Qur’an

Misi       : Mencetak Generasi Rabbani Yang Siap Membangun Peradaban Islam Secara Kaffah.


Training JIK bersama pengasuh untuk Santri PESMA Firdaus Malang.
pertama kali gue menginjakkan kaki di pesma Firdaus ini, gue langsung jatuh cinta... wkwkw lebay... Pemandangan alam sekita Pesma firdaus itu indah banget, deket sama taman merjosari dan lapangan bola Merjosari.  Di atap Pesma Firdaus Malang itu asyik, berteman secangkir teh susu & burung kecil, berbalut sinar hangat mentari pagi, berhias hijau sawah & birunya gunung, serta cerahnya awan di langit. ku tulis semua yang ingin ku tulis. oh... Indahnya Malang Pagi. All praises to Allah....





pemandangan dari atap arah selatan
FAQ PESMA FIRDAUS...

Q : Apakah Firdaus hanya Untuk Mahasiswa/i ?
A : Iya, namanya pun PesMa = Pesantren Mahasiswa jadi hanya menerima Mahasiswa.

Q : Bagaimana kegiatan / Sistem Pendidikan Pesma Firdaus ?
A : kegiatan yang wajib untuk diikuti yaitu 2 waktu. yang pertama habis subuh sekitar jam 5 - jam 6 dan yang kedua, setelah isya' sampek jam 9. itu dua waktu wajib. kalau g bisa ngikutin kedua waktu tersebut diperbolehkan ijin. contoh : ada acara kampus, pulang kampung dll...

Q : Berapa biaya masuk di pesma Firdaus ?
A : namanya juga pondok yang merupakan lembaga non profit, insyallah lebih murah dari pada yang ngekos atau ngontrak. kurang lebih sekitar Rp.300.000 / bulan (sewaktu2 bisa berubah) hal tersebut sudah termasuk, biaya tempat tinggal, biaya pendidikan, air, listrik, WIFI dll

Q : Mata pelajaran / buku / Kitabnya apa aja ?
A : Utamanya Al-qur'an, tahsin Alqur'an terkadang juga hafalan qur'an. selebihnya mustolahul hadist, bahasa arab, fiqh muamalah, fiqh munakahat, kifayatul atqiya. dll

Q : Pengajarnya siapa aja ?
A : pengajarnya dari multi ormas, ada muhammadiyah, NU, salafi dll. Karena pesma Firdaus berdiri untuk semua golongan. 

Q : pesma Firdaus itu letaknya dimana? Deket dengan kampus apa? 
A : kampus yang paling deket yaitu UIN malang, (tinggal loncat doang) tapi loncatnya berkali-kali. Hehe...  ke UM sktr 3 km, ke UB sekitar 2 km ke univ Gajayana sekitar 700 meteranlah...

Q : Apakah diperbolehkan membawa kendaraan? 
A : Yups, kendaraan yang diperbolehkan hanya sepeda pancal dan motor, kalo mobil tidak diperkenankan karena bertentang dgn "Soul of santri's" yaitu kesederhanaan. Kalau bawa odong-odong boleh g ,?? :-) Ya boleh, ntar kita bisniskan di dekat taman Merjosari. Hihihi...

Q : perkamar berapa orang ? 
A : kalo ana pribadi sekamar 2 orang, ada yang 4 orang sesuai dengan luas kamar. Yang pasti semua dapet lemari dan dipan + kasur . Okayy.

Q : apakah pesma firdaus cocok/bisa bagi anak yang belum pernah mondok / masuk pesantren?
A : Firdaus itu banyak sekali yang sebelumnya pernah mondok, utamanya bagi anak mahasiswa / mahasiswi yang ingin lebih terjaga dan ingin menjaga atau lebih mendalami ilmu agama.

Q : Apa keuntungan masuk Pesma Firdaus?
A : waahh... banyak keuntungannya diantaranya.
      1. lebih banyak teman multi kampus dan multi ormas dan multi pergerakan.
      2. lebih ekonomis dari pada nge-kos, karena firdaus sudah diperuntukkan oleh ummat. insyallah tidak ada motif profit kecuali uang untuk iuran dan itupun untuk keperluan dan kebaikan bersama (bandingkan saja dengan kos-kos setempat)
      3. teman di pondok lebih kondusif untuk menunjang pendidikan dari pada temen ngekos (insyallah), karena atmosfer pondok akan membuat orang-orang yang masuk pesantren insyallah hanya orang baik.
     4. insyllah orang tua dirumah lebih tenang jika kita dipesantren dari pada di kos, karena akan ada pengurus dan pengasuh yang mengawasi anda. (maujud qismul amni) hahaha....
     5. insyllah akan ada cerita-cerita lucu dan konyol, cerita indah dan bahkan cerita mengharukan.
     6. dan banyak lagi lainnya, kalau diteruskan tidak cukup tertulis walau air laut menjadi tinta. :-D

Q  : apakah masuk pesma Firdaus ada test yang harus dilalui?
A  : Ya, terdiri dari 2 jenis test. yang pertama test tulis dan yang kedua test interview. kalau test pertama itu gampang banget... misalnya "apa saja sumber hukum dalam islam?" jawab saja alquran dan hadist. ada berapa status hukum dalam islam?. ada 5, wajib, sunnah, mubah, makruh dan haram. ada berapa rukun iman dan islam? kira2 gitulah... gampang banget kok dan soalnya sama terus g pernah berubah. wkwkwk...  dan untuk yang interview cuma menayakan kesediaan untuk mengikuti aturan dan keseriusan ingin mondok, terutama apakah bisa menerima keadaan pondok dengan segala kekurangan dan kelebihan sampai nanti hingga akhir hayat nanti melewati bersama dengan suka dan duka, wkwkwk.

Q  : Bagaimana jika ada tugas kuliah malam dan ijin ingin pulang kampung?
A  :  pada dasarnya kita memiliki waktu yang bebas, hanya 2 waktu yang kita wajib masuk kelas yaitu Pagi setelah subuh (05:00 - 06:00) dan Malam Setelah Sholat isya (07:30 - 09:00) jika ada tugas kuliah malam, boleh ijin namun tidak boleh tidur diluar karena ibu pengasuh pasti nyari dan khawatir. (apalagi santriwati yang hilang). kalau pulang kampung boleh2 saja yang penting ijin. okaayyy...

Q  : kira2 bagaimana gambaran lulusan firdaus (akibat dari pola pendidikannya)?
A  : lulusan firdaus biasanya memiliki kecintaan pada islam dan indonesia, tidak suka tersekat oleh ormas tertentu (karena pengajarnya multi ormas). memiliki militansi yang baik dan kesiapan hidup yang matang utamanya yang putri karena ada mata kuliah Fiqh Nisa', masak dan kemandirian dalam bersih-bersih. oh iya, pesantren ini menekankan pada pengajian alqur'an.

Q  : Apakah Firdaus ada program tahfid?
A  : Secara umum tidak ada program khusus tahfid, namun ada mata kuliah hafalan alquran tapi tematik. (karena secara umum mahasiswa itu sudah sibuk jadi sulit diterapkan program tahfid secara menyeluruh, jika ada yang ingin menghafal alquran lebih pada kemampuan dan keinginan pribadi)

Q  : Siapakah yang punya nulis blog ini ?
A  : Saya salah satu alumni Firdaus, kalau ada yang negatif dari tulisan saya itu murni karena saya bukan karena ajaran firdaus, kalau saya alay dan lebay itu karena memang karakter pribadi bukan karena ajaran Firdaus.  (saya sudah alumni, jadi terkait info update tentang pesantren silahkan hubungi pengurus pusat dengan nama Ustadzah Hijri 0857-9126-5195)

Jika ada yang ditanyakan silahkan comment aja, buat kesempurnaan Q&A. ayee... semoga bermanfaat...



Banyaknya pertanyaan terkait biaya, berikut Info terupdate dr Ustadzah Hijri 

Pendaftaran : Rp. 150.000,-, asrama+syahriyah (spp+listrik) 1 th Rp.3.500.000,-, Buku paket Rp. 250.000,-, dan wifi perbulan Rp. 35.000,- . (Bisa diangsur dan bertahap).

Untuk informasi lebih lanjut / Informasi Pendaftaran :
Jl. Mertojoyo selatan blok B No 10 Malang
kode pos 65144

untuk putri saya rekomendasi pondok firdaus , kalau pondok putra ada opsi yang lain yaitu pesma alhikam, saya jug alaumni pesantren ini. Coba bandingkan dengan pesantren Mahasiswa Al-Hikam Malang. ini link nya ---> PesMa Al-Hikam Malang

Thanks for visit, klik here. www.RusaMelintas.com

Telp : (0341) 572212 / Call/SMS/WhatsApp : 085755014987

+M Zaenal Abidin Edufunia @Zaenal_Edufunia 

13 komentar:

  1. Alhamdulillah jd orang pertama dan mungkin satu2nya komentator

    Selamat jd ustadz Al Hikam dan lanjut camp di pesma firdaus

    Terimakasih konon jd driver handal jg di firdaus

    Salamku
    Mbak Adi Tri 10 th bersama firdaus 84-94

    BalasHapus
  2. Nice Post (y)

    Catering murah daerah Malang, Batu, dan sekitarnya. Harga mahasiswa. Dapatkan diskon 10% jika di posting di sosial media kalian. Buruan pesan. Murah, Enak dan Mahasiswa banget. Hubungi 083834375641/75286D3B

    BalasHapus
  3. Ponpes ini untuk mahasiswi juga?????

    BalasHapus
  4. mbak adi : mbak adi 10 tahun di Firdaus, saya cuma 2 tahun. ya mbak... saya alhamdulillah dipercaya mengantar mereka jalan2...

    mayrinda: Iya, Putra - putri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Akhy... Temenku ada yg mencari pesma/i daerah uin malang tp sebelumnya belum pernah mondok, dy punya keinginan mencoba utk mondok... Kira" menurut akhy pesma firdaus ini kegiatannya mampu diikuti utk yg baru pertma kali mondok tidak...? Syukran...

      Hapus
    2. Akhy... Temenku ada yg mencari pesma/i daerah uin malang tp sebelumnya belum pernah mondok, dy punya keinginan mencoba utk mondok... Kira" menurut akhy pesma firdaus ini kegiatannya mampu diikuti utk yg baru pertma kali mondok tidak...? Syukran...

      Hapus
  5. Akhy... Temenku ada yg mencari pesma/i daerah uin malang tp sebelumnya belum pernah mondok, dy punya keinginan mencoba utk mondok... Kira" menurut akhy pesma firdaus ini kegiatannya mampu diikuti utk yg baru pertma kali mondok tidak...? Syukran...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, g masalah... inysallah bisa asal dia bersungguh-sungguh untuk mengikuti semua kegiatan dan peraturan.

      cobak beih kadek, etembeng ngekos ngo' masok pondhu' beih... it's save, especially for girls. alaiki an-najah.

      Hapus
  6. Akhy... Temenku ada yg mencari pesma/i daerah uin malang tp sebelumnya belum pernah mondok, dy punya keinginan mencoba utk mondok... Kira" menurut akhy pesma firdaus ini kegiatannya mampu diikuti utk yg baru pertma kali mondok tidak...? Syukran...

    BalasHapus
  7. kak ada program tahfidz nya nggak?

    BalasHapus
  8. alifa inun.
    Q : Apakah Firdaus ada program tahfid?
    A : Secara umum tidak ada program khusus tahfid, namun ada mata kuliah hafalan alquran tapi tematik. (karena secara umum mahasiswa itu sudah sibuk jadi sulit diterapkan program tahfid secara menyeluruh, jika ada yang ingin menghafal alquran lebih pada kemampuan dan keinginan pribadi)

    BalasHapus
  9. https://drive.google.com/file/d/0B6ut4qmVOTGWMkJvbFpZejBQZWM/view?usp=drivesdk


    Salam


    Kepada:

     

    Redaksi para akademik


    Per: Beberapa Hadis Sahih Bukhari dan Muslim yang Disembunyikan


    Bagi tujuan kajian dan renungan. Diambil dari: almawaddah. info

    Selamat hari raya, maaf zahir dan batin. 


    Daripada Pencinta Islam rahmatan lil Alamin wa afwan. 

    BalasHapus

Edufunia Right. Diberdayakan oleh Blogger.