Jumat, 13 Mei 2016

Informasi dan profil Kampus Unida Gontor dan tanya jawab (FAQ) seputar mahasiswa baru

Bismillahirahmanirrahim…
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh…
 
Contact Person UNIDA Gontor
Selamat pagi sahabat edufunia, long time not read you… J haw ar yu ? always better and better kan? Harus lebih baik lahh… kalau g lebih baik berarti kita termasuk orang yang merugi. So, kita harus terus berusaha dan jangan pernah berhenti untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Ituuuu…. *MacakMarioTeguh. :-D

Okay, tulisan kali ini seputar pesantren akak yang ke empat, eh seputar kampus. Hhmmmm… seputar pesantren apa seputar kampus ya? Hehehe… tepatnya seputar kampus yang terintegrasi dengan pesantren namanya Perguruan Tinggi Pesantren, bukan pesantren mahasiswa loh yaa… ini beneran diatas pesantren mahasiswa, gimana? bingung ya? Baru dengerkan? Laahh… itulah keunikan Kampus ini. Beeeadaaa bangeet ama yang laen. Yakin dah…

Kalau pesantren mahasiswa itu yang ikut/aktif dalam kegiatan pesantren Cuma mahasiswanya doang, kalau Perguruan Tinggi Pesantren semua manusia yang terlibat dalam kampus mengikuti kegiatan pesantren termasuk staf, dosen, termasuk rektor, jadi semuanya bersama-sama teruss berproses menjadi lebih baik, berkarya, saling mengingatkan dalam kebaikan sehingga tercapai tujuan pendidikan/tarbiyah yang utuh. Tidak hanya transfer of knowledge tapi juga transfer of value, tercipta uswah al-hasanah sehingga lulusan universitas ini tidak hanya pinter tapi juga bener, lulusan dicetak menjadi ulama yang intelek bukan sekedar intelek yang tahu agama. Keren kan?? *Bangeettt….

University of Darussalam Logo
Mulai dari mana ya nulisnya? Bahas apa dulu yaa ?? pokoknya banyak hal yang incredible, amazing, awesome and unique bahkan Irrasional di sini.  Universitas Darussalam Gontor (UNIDA) merupakan suatu unit lembaga pendidikan di Gontor, dari namanya saja sudah jelas kalau universitas gontor, gontor itu merupakan salah satu pesantren terbaik di Indonesia. Waahh… jangan melebar ke gontor ya.. sebab kalau bahas gontor, biarpun lautan menjadi tinta untuk menulis tentang gontor niscaya laut itu akan kering sebelum tulisan “tentang gontor” selesai tertulis. Wkwkwk… lebaayyy…


Kita bahas dari pertanyaan mendasar dulu yaa… UNIDA adalah sebuah perguruan tinggi, dan lazimnya sebuah perguruan tinggi pasti terdapat tridarma perguruan tinggi, namun tentunya ada saja kelebihan/pembeda/ hal yang menjadi ciri khas unida gontor. Apa ituuu !?? setidaknya ada 4 hal yang membuat UNIDA pastinya berbeda dengan yang lain.

1.      Perguruan Tinggi Pesantren
Perguruan tinggi pesantren adalah ciri khas unida yang paling jelas, UNIDA adalah mengharuskan mahasiswanya berada dilingkungan kampus kemudian dikelola berbasis pesantren. Jadi waktu yang digunakan untuk bolak-balik rumah-kampus diconvert untuk drill Bahasa international (Arabic-english), menghafal alqur’an, kajian islamisasi ilmu dan  aktifitas ibadah lainnya. Hebat kan??

2.      UNIDA Mencetak Ulama
Baik al-qu’an maupun hadist, Begitu banyak perintah untuk mencari ilmu/belajar, begitu pula banyak perintah untuk bekerja namun tidak ada perintah Mencari Ilmu Agar Bisa Bekerja, apalagi mencari ilmu untuk agar menjadi karyawan di suatu perusahaan, namun mencari ilmu untuk menghilangkan kebodohan, mencari ilmu agar bisa beramal dengan baik dan benar, mencari ilmu untuk meningkatkan derajat yang lebih tinggi, mencari ilmu agar bisa bermanfaat untuk orang lain dll. Maka dari itu, orientasi pendidikan UNIDA tidak berbasis kebutuhan market yang bersifat temporer tapi berorientasi pada kewajiban belajar ilmu fardu ain dan fardhu kifayah, kebutuhan ummat dan tantangan zaman. Mencetak ulama penerus para nabi, menjadi mundirul qoum dan menyebarkan ilmu pada masyarakat dimanapun berada. Idealis banget kah??

Dari orientasi hasil lulusan UNIDA tersebut yang tidak berbasis pada kebutuhan pasar, insyallah unida g akan menyelenggarakan acara semacam JOBFAIR, atau seminar cara membuat kurikulum vitae yang baik untuk melamar perusahaan, atau workshop cara menjawab pertanyaan ketika wawancara kerja. Insyallah g akan… (ini paragraph ini murni subjektif saya)

Kalau ada yang tanya “Trus Kerjanya nanti gimana kalau g dilatih kerja?”
Saya akan menjawab “UNIDA menitik beratkan pada proses pengembangan diri pada kompetensi dan kompetisi keilmuan, Jika kita sudah berilmu + bisa bermanfaat untuk orang lain, Insyallah haram bagi kita untuk hidup susah”. Menurut saya pribadi, menjadi orang yang berilmu dan ilmunya bisa berkah bermanfaat selangkah lebih baik dari pada hanya sekedar bisa bekerja. Makanya kalau unida hanya bisa membuat lulusan bisa berkerja namun tidak bisa mencetak ulama, maka UNIDA belum sukses mencetak lulusan. *BeraatBanget

3.      Bahasa inggris dan Bahasa arab merupakan atmosphere dari UNIDA
Perguruan tinggi yang merupakan salah satu unit dari Pondok Modern Gontor jelas tak perlu diragukan lagi kemampuan ustadz ataupun ustadzahnya dalam berbahasa ataupun mengajarkan Bahasa arab, terbukti dari banyaknya mahasiswa luar negeri yang belajar di UNIDA, mulai dari negeri jiran serumpun seperti Malaysia, brunei, thailand. Atau dari benua Australia dan amerika. Semuaya ada. Sederhananya Bahasa arab inggris telah menjadi atmosphere di lingkungan UNIDA gontor. Lebih lengkapnya silahkan lihat di website resmi unida atau di gontor TV channel.

4.      Unida mempunyai Motto Pesantren dan Pancajiwa






Visi, Misi, & Tujuan UNIDA

VISI

“Menjadi universitas unggulan yang mengintegrasikan sains, teknologi dan ilmu-ilmu kemanusiaan dengan ilmu-ilmu keislaman dan tetap mengikuti perkembangan zaman pada tahun 2030”.

MISI

1.      Menyelenggarakan kegiatan pendidikan tinggi dalam rangka mengembangkan sains, teknologi, ilmu-ilmu kemanusiaan dari perspektif Islam yang dapat merespon tantangan global.
2.      Berperan aktif mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni melalui penelitian dan pengabdian masyarakat guna memajukan peradaban Islam demi kesejahteraan umat dan bangsa Indonesia.

TUJUAN

1.      Menghasilkan insan yang beriman, berakhlaq mulia, berpengetahuan luas yang mampu mengamalkan ilmunya secara kreatif dan inovatif sehingga dapat memecahkan masalah umat dan bangsa, serta sanggup berkompetisi di tingkat nasional maupun internasional melalui program pendidikan diploma, sarjana, pascasarjana, dan profesi.
2.      Menjadi pusat pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni berdasarkan nilai-nilai keislaman yang dapat merespon tantangan global.
3.      Menghasilkan penelitian yang antisipatif dan adaptif terhadap tantangan masa depan dan bermanfaat bagi umat manusia.


Dan untuk beberapa jurusan yang ada di UNIDA adalah sebagai berikut :

Fakultas Ushuluddin
1.      Perbandingan Agama
2.      Akidah dan Filsafat Islam
3.      Ilmu al-Quran dan Tafsir

Fakultas Tarbiyah
1.      Pendidikan Agama Islam
2.      Pendidikan Bahasa Arab

Fakultas Syariah
1.      Perbandingan Madzhab dan Hukum
2.      Hukum Ekonomi Islam

Fakultas Ekonomi dan Manajemen
1.      Ekonomi Islam
2.      Manajemen Bisnis

Fakultas Humaniora
1.      Hubungan Internasional
2.      Ilmu Komunikasi

Fakultas Ilmu Kesehatan
1.      Farmasi
2.      Ilmu Gizi
3.      Keselamatan dan Kesehatan Kerja

Fakultas Sains dan Teknologi
1.      Teknik Informatika
2.      Agroteknologi

Tulisannya belum selesai yaa.... masih sok sibuk dan berusaha mengenal unida lebih dekat dan lebih dalam,,,

0 komentar:

Posting Komentar

Edufunia Right. Diberdayakan oleh Blogger.