Minggu, 23 Maret 2014

Going to Kawah Ijen Banyuwangi

Kawah Ijen itu terletak di tiga kabupaten yaitu Situbondo, Bondowoso dan Banyuwangi. tapi terkuat. menurutku dipegang oleh banyuwangi. menurutku baiknya itu milik bondowoso. knapa ? ia karena wisata banyuwangi itu banyak. TN Alas Purwo, Agrowisata Kalibendo,Pulau Merah ( Red Island),  Sukamade, Pantai Plengkung ( G- Land) dll. bagi-bagi dong bwi. hehehe... tapi apapun semuanya tetap indonesia yang indah dan satu kesatuan. kawah ijen adalah salah satu gunung yang masih aktif sampai sekarang. Memiliki ketinggian 2.443 m dari atas permukaan laut, berdinding kaldera setinggi 300-500 m dan telah 4 kali meletus di tahun 1796, 1817, 1913 dan 1936.

Ijen merupakan satu komplek gunung berapi yang terdiri dari kawah gunung Ijen dan dataran tingginya. Kawasan ini kawah ijen itu keren banget dah pokoknya, kalo ada kesempatan baiknya ksana dah... keren banget...

Kawah Ijen Yang Indahnya Ekstreemm...!!!

Pintu gerbang utama ke Cagar Alam Taman Wisata Kawah Ijen terletak di Paltuding, yang juga merupakan Pos PHPA (Perlindungan Hutan dan Pelestarian Alam). Alternatif rute adalah Bondowoso - Wonosari - Tapen - Sempol - Paltuding.

Sabtu, 22 Maret 2014

Going To Lake Toba (Danau Toba)

Assalamualaikum sahabat edufunia, kali ini kita berpetualang ke danau toba (Lake Toba). Danau Toba itu adalah sebuah danau vulkanik dengan ukuran panjang 100 kilometer dan lebar 30 kilometer yang terletak di Sumatera Utara, Indonesia. Danau ini merupakan danau terbesar di se Asia Tenggara. keren abis kan indonesia, Di tengah danau ini terdapat sebuah pulau namanya Pulau Samosir. untuk explorasi lebih lanjut mari kita coba simak petualangan kita kali ini.
Kalo butuh Pelampung

di dalam burung besi

Sayap Burung Besi BATAvia AIR

Seminar Pemberantasan Korupsi Al-Hikam


Seminar Pemberantasan Korupsi di Indonesia dan Problema Penegakan Konstitusi part 1. bersama Mahfud MD (MK), Abraham Samad (KPK), K.H Hasyim Muzadi (Ulama), Cendikiawan dan Tokoh Masyarakat Se-Jawa Timur diselenggarakan di Pesantren Mahasiswa Al-Hikam Malang Tanggal 11 Oktober 2012
dihadiri pula oleh perwakilan beberapa ormas se Jawa Timur dan Pers Nasional.
Perangi Korupsi dari Hal yang terkecil dari diri dan lingkungan diri kita, jagalah diri dan keluarga kita dari korupsi. dan pastinya dalam memberantas korupsi akan banyak yang menentang kita kerena korupsi sudah sangat masif, tapi apapun keadaannya yakinlah Allah akan selalu bersama orang yang baik dan melakukan perbaikan. Amin
MERDEKAAA..!!!

Going to Jatim Park 2

assalamualaikum sahabat edufunia... ^-^
sebagai mahasiswa Malang tentunya tak lengkap dan tak sah jika tak mengunjungi tempat wisata Malang. untuk kali ini saya akan cerita tentang wisata di batu Malang yaitu jatim park 2. ini petualangan pertama kali ke jatim park 2. gimana serunya ? ini dia ceritanya.
Akak Zaenal ke sana bersama 4 orang sahabat. 1. sahabat yang kuliah di arsitektur UGM skaligus adek kelas pas SMA namanya Akbar Hasan (abah), ke-2 Onix's dia kuliah jurusan Kehutanan UGM dan satunya lagi mb' Putri. awal cerita ini adalah ketika abah dan onix's survei lokasi untuk semacam KKN di wilayah bromo dan untuk ngurus ijinnya harus ke kantor di Malang sehingga ketemulah kami di Malang dan akhirnya sepakat untuk mengunjungi JP 2 dan inilah pemandangan luar JP2.
 
Me and Abah In JP 2 Batu Malang
Jatim Park 2 adalah salah satu tempat wisata terbaru di daerah Kota Wisata Batu. Pertam kali datang kesana kita langsung disuguhkan bangunan ala barat karena rangkaian itu tiangnya yang megah, mewah dan modern. Sayangnya kita tak juga ikut masuk karena waktu yang terbatas karena kita ksana habis dhuhur dan dananya juga terbatas. Hehe… (maklumlah mahasiswa). Kita hanya foto-foto di depan museum.


Abah In Front of Museum

Onix's With Elephan
Me

Minggu, 16 Maret 2014

Aliran-Aliran Islam Di Indonesia

SKETSA ISLAM INDONESIA DI MASA LAMPAU & MASA KINI


       Sebagai intelektual atau calon intelektual, kamu (para santri Pesma Al-Hikam Malang, red.) harus mengerti aliran-aliran dalam Islam, agar tidak seperti katak dalam tempurung. Oleh karena itu, malam ini saya akan memberikan gambaran secara umum mengenai aliran-aliran Islam yang masuk ke Indonesia. Jadi, judul pengajian malam ini adalah tentang aliran-aliran Islam di Indonesia. Tentu tidak pantes kalau saya sebagai pengasuh Al-Hikam yang dikenal sebagai salah seorang yang berusaha merakit Ukhuwah Islamiyyah – baik di Indonesia maupun di dunia (beliau adalah sekjen International Conference of Islamic Scholars (ICIS) )- sedangkan kamu semua tidak tahu apa-apa tentang hal itu. Kalau sampai kamu ditanya orang, Apa yang dikerjakan oleh Pengasuhmu?. Jika kamu tidak bisa menjawab, tentu tidak pantes. Begitu juga tidak pantes, kalau kamu ditanya; Apa yang dimaksud dengan Syi'ah itu? Lalu kamu menjawab; "Tetangga saya" Hehehe.... Oleh karena itu, saya akan membuat gambaran tentang aliran Islam di Indonesia secara sekilas, karena kalau harus membahas perbedaan-perbedaan aliran dalam Islam secara mendalam, tentu ada mata kuliah tersendiri.

Kamis, 13 Maret 2014

Kesan Islam Yang kita Tunjukkan

POTRET ISLAM & KAUM MUSLIMIN MASA KINI
Islam yang bagaimana yang kamu tunjukkan?
Oleh : abah hasyim muzadi

       Alhamdulillah, malam ini saya sampai di rumah kembali, setelah selama 4 hari pergi ke Saudi Arabia; dua hari dalam perjalanan dan dua hari lagi tinggal di sana. Dalam dua hari itu, saya sempat menggunakan waktu sebaik-baiknya untuk melakukan umrah di Masjidil Haram dan berziarah ke makam Rasulullah SAW. Sedangkan yang satu hari yang tersisa, saya manfaatkan untuk menemui Presiden Rabithah ’Alam Islamy (World Islamic League atau Liga Islam Dunia), yaitu Abdullah At-Turki. Saya menemui beliau bersama 10 ulama’ lain yang dipilih dari Negara-negara Islam di dunia. Saya ke Saudi Arabia karena memang diminta untuk berkunjung, tapi saya juga bisa dibilang nyambangi kantor saya sendiri di sana, karena saya termasuk sebagai salah satu pengurus Majlis Multaqa Asy-Syuyukhiyah (Dewan Pembina) di Rabithah Alam Islamy (RAI). Yang saya hafal cuma Abdullah At-Turki dan ulama' dari Iran yang bernama Syaikh Ali At-Tashiiri.
       Sesungguhnya saya tidak berniat menjadi salah satu pengurus di RAI ini, karena pada bulan Januari 2006 yang lalu, yang saya kirim adalah Dr. Sa’id Aqil Siradj untuk menghadiri undangan RAI dengan maksud agar dia diangkat menjadi pengurus di RAI. Tapi, ndak tahu bagaimana, namanya Said Aqil tidak ada di sana, justru nama saya yang ada di sana. Akhirnya saya tanya apakah bener saya menjadi pengurus. Setelah itu saya minta daftar susunan pengurus, namun susunan pengurus belum dicatat. Itulah kharakter dari orang Arab, kalau bekerja sak enak'e. Saya ingin mengetahui oganisasi ini, tujuan, struktur RAI, dan kalau saya diangkat sebagai pengurus, apa kewajiban saya?.

Selasa, 11 Maret 2014

Selamat ulang tahun Mama...

Selamat ulang tahun Mama...
Malang, 11 Maret 2014

Mama, detak jantungmu musik terindahku
Kasih sayangmu adalah jiwa ragaku
Di telapak kakimu ada surgaku
Do’amu kata terindah bagiku
Senyummu alasan bahagiaku
Marahmu sumber resah sedihku

Mama, Engkau embun sahajaku
Dalam kesederhanaan kau mengajariku
Madrasah pertamaku
Dari kecil hingga tuaku

Mama, cintamu sepenuh hati
Seperti sinar mentari
Tak pernah lelah memberi
Tak sedikitpun harap kembali

Mama, andai ada yang menganggumu
Atau berani menyakitimu
Pasti kan ku bunuh orang itu
Atau terlontar maaf darimu

Mama, engkaulah wanita yang paling aku cintai
Engkau tak kan terganti meski dengan bidadari
Yang pasti ku abdi dan bhakti
Setelah ilahi dan sang nabi

Mama, jika aku tlah menemukan jodohku
Tak usah kau cemburu
Karena bidadari pendampingku itu
Adalah karunia terindah tepat setelahmu

teruntuk Hj. Sholihah Hidayati Fusiyati Oesman.... 
Selamat ulang tahun ibunda tercinta yang ke 44, semoga dalam lindunganNya selalu...
Nanal sepenuhnya bangga dan bersyukur punya ibunda seperti ibu. Thanks you allah for my mother.,.

Jumat, 07 Maret 2014

Senyum Manis Aya

2
~*Teringat Seyum Manis Aya*~

Jam lima sore waktuku pulang. selesai kuliah, konsultasi tesis dan mengisi kajian ekonomi islam. Meski capek namun sangat senang waktuku terpakai dengan kegiatan yang positif. Ku ambil sepeda motor di parkiran, ku laju dengan perlahan. Ku tunjukkan STNK pada pak satpam menuju jalan veteran, Lampu lalu lintas perempatan ITN menunjukkan lampu merah, kuhentikan motorku, seketika sekelilingku langsung ramai berdesakan, teringat kembali senyum Aya manis tadi, mataku terpejam sambil tersenyum sendiri seperti orang gila, hhmmm… seolah ku lihat mentari sore tersenyum padaku, deru mesin kendaran seolah instrument music bethoven, cuaca malang sore yang bersahabat terasa sejuk mesra. Didalam keramaian aku bisa merasakan ketenangan.
Tiba-tiba HPku bergetar menyadarkanku, ada pesan masuk, ku buka, dari Prof.Bambang Banu, 
“Zaenal, Tolong gantikan saya mengajar mata kuliah pengantar manajemen seperti biasa, saya ada tugas keluar kota”. Ku balas,
“Siap Prof”. Prof Bambang Banu adalah ketua sertifikasi dosen se-Indonesia. Beliau pembimbing utama tesisku. Aku sangat bersyukur bisa dibimbing beliau.
Lampu hijau, ku laju motorku sedang sambil menikmati suasa Malang di sore hari. Teringat kembali diskusi bersama Aya, pertanyaan kritisnya, gurauannya, lembut katanya, pipinya yang kemerah-merahan karena ku puji dan senyum indahnya. Oh, senyum yang bisa membuat nafasku terhenti sejenak, hihihi… sayangnya Aya tak berhijab. coba kalo berhijab, mungkin aku tak bisa meneruskan nafasku. Aku berkhayal coba kalo dia berhijab pasti akan terlihat sempurnanya. Terlontar do’a semoga dia bisa menjaga diri dengan sebaik-baiknya.
Sepanjang perjalanan pulang aku terus memikirkannya sampai baru sadar kalo aku kelewat sampai kampus Gajayana, seharusnya belok kiri pas di pasar baru dinoyo. Aku menertawakan diriku. Hehehe… ku putar balik dengan kecepatan tinggi segera harus pulang. Ku masukkan motorku di garasi dan ku ucapkan salam. 
Dan kini baru kusadari semua, Dia…Dia…Dia… tlah mencuri hatiku
Terdengar Musik dari si imut @FatinSL dari kamar depan seolah mengisyaratkan bahwa hatiku tercuri. Halaahh, ku tepis pikiran itu, aku bukan laki-laki yang mudah jatuh cinta dan tak mudah bagi wanita mencuri hatiku. Aku bergegas mandi dan persiapan sholat magrib-isya’ dan mengerjakan tugas kuliah. Tugas pascasarjana lebih membutuhkan waktu dan perhatian khusus tapi bisa ku atasi dengan pembagian waktu yang cermat. 45 menit cukup untuk mengerjakan tugas kuliah dan ku gosok gigi serta ambil wudhu’ waktunya istirahat.
Ku rebahkan tubuhku, tubuhku relaks, otot-otot mulai yang tegang mulai mengendur namun pikirannku teringat kembali kepada Aya. Dia menangis karena ucapakanku. Bagaimana kabar hatinya? hati seorang laki-laki pasti bergetar ketika mendengar wanita menangis. Insyallah semua baik-baik saja. Diriku menghibur dan menenangkan diriku sendiri. Aku mulai pejamkan mata tapi tidak bisa. Laki-laki mana yang tenang jika membuat wanita sampai menangis. Ternyata aku lemah jika harus berhadapan dengan wanita, idealismeku luntur ketika mendengar permintaan manja seorang wanita, kekerasan hatiku bisa dengan mudah luluh hanya karena senyum seorang wanita, laki-laki memang sangat sulit menahan bayang-bayang hati wanita ketika wanita mencurahkan isi hatinya. benar sekali hadist nabi yang berbunyi "Tidak ada godaan yang ku tinggalkan yang lebih dahsyat bagi para pria selain dari godaan wanita (HR.Bukhari)". Aku merasa malu pada diriku sendiri, aku malu pada tuhanku. mengapa aku terlalu cair pada lawan jenis yang belum halal bagiku. 
Aku bertambah gelisah sudah berapa puluh kali aku ganti posisi, miring kanan, miring kiri, terlentang dan tengkurep ku tutup mukaku dengan bantal tetap saja g bisa terlelap. Ku lihat jam di HP, sudah jam dua belas lewat lima menit tetap saja aku belum bisa tidur. Aku tak bisa memusnahkan Aya dari pikiranku.
“Aya mas minta tolong jangan hantui mas terus, maafkan mas untuk tadi pagi. Aya tolong cari tempat bermain yang lain, jangan bermain di pikiran dan hati mas” aku berbicara sendiri seperti orang gila. 
Arrgghhhh…!! Padahal seharian aktifitasku penuh, pagi kuliah, siang konsultasi tesis dan ke perpus, sore ngisi kajian ekonomi islam, maghrib isya’ ngaji kitab di masjid, dan malam sharing bersama adek yunior PesMa Firdaus dan terakhir ngerjakan tugas, seharusnya aku capek kelelahan dan segera terlelap tapi mengapa sulit untuk tertidur.? Tak lain karena ulah si hantu Aya. Dan tak terasa air mataku keluar. Ya Allah aku lemah dan begitu rapuh. Aku tak kuasa untuk mengendalikan pikiran dan tubuhku sendiri. Aku keluar dari kamar, berbaring berselimut di atap genteng. Sekarang aku pasrah kepada tuhan yang tak pernah tidur dan mengantuk. Ku lihat dari atap, kota batu seperti bintang berkelip 'the shining batu'. Ku berdo’a padaNya,
“Ya Allah, bintang-bintang tenggelam dan semua mata telah tertidur lelap, sedangkan Engkau maha hidup abadi lagi terus menerus mengurus makhlukMu. Engkau tak pernah terkena kantuk dan tidak pula tertidur. Ya Allah, tenangkan malamku dan pejamkanlah mataku.” Ku usap air mataku seraya berdo’a kembali,
“Ya Allah, dengan namaMu aku bernafas dan dengan namaMu jiwaku terlepas, Amin” terasa mataku mulai berat, ku kembali ke kamar dan mulai masuk alam mimpi.

                                                        ******************

klik untuk lanjutkan membaca : 3. Terbangun Resah

Selasa, 04 Maret 2014

SANTRIPRENEUR COMMUNITY

SANTRIPRENEUR COMMUNITY SEBAGAI EKSISTENSI ENTREPRENEURSHIP SANTRI ALHIKAM

Analisis sosial
 tugas ini disusun untuk memenuhi mata dirosah
yang dibina oleh Ustadz Munjin Nasih



  
Oleh
M Zaenal Abidin
2008170719



KELAS IV
PESANTREN MAHASISWA ALHIKAM MALANG
2011


Dasar-dasar
È@è%ur (#qè=yJôã$# uŽz|¡sù ª!$# ö/ä3n=uHxå ¼ã&è!qßuur tbqãZÏB÷sßJø9$#ur ( šcrŠuŽäIyur 4n<Î) ÉOÎ=»tã É=øtóø9$# Íoy»pk¤9$#ur /ä3ã¥Îm7t^ãsù $yJÎ/ ÷LäêZä. tbqè=yJ÷ès? ÇÊÉÎÈ  
105. dan Katakanlah: "Bekerjalah kamu, Maka Allah dan Rasul-Nya serta orang-orang mukmin akan melihat pekerjaanmu itu, dan kamu akan dikembalikan kepada (Allah) yang mengetahui akan yang ghaib dan yang nyata, lalu diberitakan-Nya kepada kamu apa yang telah kamu kerjakan.

ö@è% ÉQöqs)»tƒ (#qè=yJôã$# 4n?tã öNà6ÏGtR%s3tB ÎoTÎ) ×@ÏJ»tã ( t$öq|¡sù šcqßJn=÷ès? ÇÌÒÈ  
39. Katakanlah: "Hai kaumku, Bekerjalah sesuai dengan keadaanmu, Sesungguhnya aku akan bekerja (pula), Maka kelak kamu akan mengetahui,


  

SANTRIPRENEUR COMMUNITY SEBAGAI PENJAWAB MENURUNNYA SEMANGAT DAN MINAT KEWIRAUSAHAAAN SANTRI ALHIKAM


M. Zaenal Abidin
Santri kelas IV Pesma Alhikam Malang.

Kata Kunci: Santripreneur community, sinergisitas, eksistensi entrepreneurship santri.

Edufunia Right. Diberdayakan oleh Blogger.