Minggu, 10 November 2013

GBPP Landasan Pendidikan dan Pembelajaran PASCA UM

Assalamualaikum sahabat edufunia, saya postkan salah satu SAP Atau GBPP dari mata kuliah Landasan Pendidikan dan Pembelajaran:

GARIS BESAR PROGRAM PEMBELAJARAN

Mata Kuliah     : Landasan Pendidikan dan Pembelajaran
Sandi               : MKD510
Sks/Js             : 2/2
Semester        :  I/ 2013-2014, PKL  12.10 -13.50
Pengampu      : Punaji Setyosari, Prof. Dr., M.Ed
                          Wening Patmi Rahayu. Dr. M.Si
Contact           :
1)  Kantor        : Program Studi Teknologi Pembelajaran
                                                  Ruang H1.109 1st Floor,
  Phone.(0341) 551334, Mobile: 08123395817
2) Rumah        : Jln Subali  VI-13 G/06 Perumnas Sawojajar  2 Mangliawan
                                                  Pakis, Malang 65154. Phone 0341 723 187
3) Email add.   :  pun_pasca@yahoo.com

DESKRIPSI
            Mahasiswa perlu diajak untuk melakukan eksplorasi Landasar pendidikan dan pembeajaran secara interdiscipliner Wawasan ini dipandangan dari sudut kesejarahan, filosofi, sosiologi, ekonomi, politik dan keberagaman budaya. Dalam hal ini, para mahasiswa diminta mengkaji secara kritis melalui diskusi berkelompok yang terdiri atas 2-4 orang.     Topik-topik yang berkaitan didiskusikan selama satu semester melalui diskusi kelompok. Para mahasiswa atau peserta diskusi melakukan tukar pandangan dan memberikan kritikan-kritikan terhadap makalah yang disajikan oleh kelompok. Peran serta dalam kelompok agar mahasiswa mampu mengungkapkan atau mengartikulasikan ide-ide atau pandangan-pandangan mereka, juga termasuk memberikan saran-saran.
Perkuliahan ini dimaksukan menjadikan mahasiswa mandiri yang pada akhirnya mereka mampu menghasilkan karya ilmiah atau makalah. Para mahasiswa diarahkan untuk memilih salah satu Topik atau bab dari bacaan wajib yang dimiliki untuk menghasilkan tugas akhir atau dapat memilih sumber-sumber lain yang relevan. Makalah, sebagai tugas akhir, ditulis secara individual diserahkan satu minggu setelah ujian akhir selesai. Mata kuliah ini tidak menuntut mahasiswa mengambil tes akhir, tetapi makalah yang dihasilkan harus dikerjakan d engan Baik.

TUJUAN PEMBELAJARAN
            Para mahasiswa diharapkan akan mampu:
1)    Mendeskripsikan pentingnya landasan pendidikan/pembelajaran dalam praktik di sekolah dengan menggunakan ungkapannya sendiri;
2)    Mendeskripsikan beberapa pandangan yang memberikan kontribusi bagi landasan pendidikan/pembelajaran secara bebas;
3)    Menjelaskan bahwa guru merupakan sebagai seorang professional dalam menjalankan tugasnya;
4)    Menjelaskan peran siswa/peserta didik dalam konteks kelas saat ini dengan ungkapan sendiri;
5)    Menjelaskan bagaimana sekolah dibentuk dan dibangun oleh masyarakat, budaya dan etika/moral;
6)    Mengungkapkan unsur-unsur kunci dalam praktik professional dalam kelas/sekolah;
7)    Memaparkan mengapa guru perlu merancang, menyampaikan, dan menilai pembelajarannya;
8)    Menjelaskan bagaimana menjadi seorang guru yang sukses, atau menjadikan guru sukses.

MATERI
Topik-topik yang dikaji dalam semester ini meliputi sebagai berikut:
1)    Landasan Pendidikan dan Pengajaran (teaching and the foundation of education)
2)    Guru yang Profesional (becoming a professional teacher )
3)    Siswa dalam Konteks Pembelajaran Saat Ini  (students in today’s classroom)
4)    Hubungan Orang Tua, Keluarga, Masyarakat  dalam Pendidikan (parents, families, and the community; partners in education)
5)    Sekolah dalam Konteks Sosial  (social context of school)
6)    Pengajaran ditinjau dari segi Profesional dan Etika (professional and ethical context of teaching)
7)    Keberagaman dan Konteks Kultural dalam Pengajaran (diversity and the cultural context of teaching)
8)    Kurikulum  (curriculum)
9)    Perencanaan, Penyampaian, dan Asesmen Pembelajaran (planning, delivering, and assessing instruction)
10) Management Kelas dan Perilaku (classroom and behavior  management)
11) Teknologi dan Pengajaran (technology and teaching)
12) Topiks lain yang relevan dikembangkan oleh Mahasiswa  (optional selected by students)


BACAAN WAJIB
1.    Diaz, C.F., Pelletier, C.M., & Provenzo, Jr., E.F. 2006. Touch the future...Teach!
Boston, MA: Pearson Education, Inc.
2.    Cohen,  L., Manion, L., Morrison, K.  & Wyse, D. 2010. A guide to teaching
Practice. Revised fifth edition.  270 Madison Avenue, New York:
Routledge
3.    Dikembangkan sendiri oleh mahasiswa

AKTIVITAS PEMBELAJARAN

No
Waktu Pertemuan
Bahan Kajian
Pelaksana
Alokasi
1

Orientasi dan Penjadwalan
Dosen

2

Lanjutan – Landasan-land


3

Topik 1


4

Topik 2


5

Topik 3
Mahasiswa

6

Topik 4
Mahasiswa

7

Topik 5
Mahasiswa

8

Topik 6
Mahasiswa

9

Review dan Refleksi
Dosen-Mahasiswa

10

Topik 7
Mahasiswa

11

Topik 8
Mahasiswa

12

Topik 9
Mahasiswa

13

Topik 10
Mahasiswa

14

Topik 11
Mahasiswa

15

Topik 12
Mahasiswa

16

Review, Refleksi dan Tugas
Dosen-Mahasiswa


ASSESSMEN
            Pada akhir semester, para mahasiswa dimnta menyerahkan tugas akhir secara individual.
Kriteria:
1)    Kehadiran        20  points
2)    Partisipasi        25  points
3)    Kerja Klp          25  points
4)    Tugas akhir     30  points
a.    Ketepatan (on time)
b.    Analisis
c.    Logis
d.    Referensi (relevansi dan mutakhir)
5)    Seluruh tugas diserahkan satu minggu setelah minggu final tes.

semoga memberi gambaran
hehehe.... 

0 komentar:

Posting Komentar

Edufunia Right. Diberdayakan oleh Blogger.