Assalamualaikum sahabat edufunia, saya postkan salah satu SAP Atau GBPP dari mata kuliah Landasan Pendidikan dan Pembelajaran:
GARIS BESAR PROGRAM PEMBELAJARAN
Mata Kuliah : Landasan Pendidikan dan Pembelajaran
Sandi
: MKD510
Sks/Js
: 2/2
Semester
: I/ 2013-2014, PKL 12.10 -13.50
Pengampu : Punaji
Setyosari, Prof. Dr., M.Ed
Wening Patmi Rahayu. Dr. M.Si
Contact
:
1) Kantor : Program Studi Teknologi Pembelajaran
Ruang H1.109 1st Floor,
Phone.(0341) 551334, Mobile: 08123395817
2) Rumah :
Jln Subali VI-13 G/06 Perumnas Sawojajar 2 Mangliawan
Pakis, Malang 65154. Phone 0341 723 187
DESKRIPSI
Mahasiswa perlu diajak untuk melakukan
eksplorasi Landasar pendidikan dan pembeajaran secara interdiscipliner. Wawasan ini dipandangan dari sudut kesejarahan, filosofi,
sosiologi, ekonomi, politik dan keberagaman budaya. Dalam hal ini, para
mahasiswa diminta mengkaji secara kritis melalui diskusi berkelompok yang
terdiri atas 2-4 orang. Topik-topik yang berkaitan didiskusikan selama
satu semester melalui diskusi kelompok. Para mahasiswa atau peserta diskusi
melakukan tukar pandangan dan memberikan kritikan-kritikan terhadap makalah
yang disajikan oleh kelompok. Peran serta dalam kelompok agar mahasiswa mampu mengungkapkan
atau mengartikulasikan ide-ide atau pandangan-pandangan mereka, juga termasuk
memberikan saran-saran.
Perkuliahan ini
dimaksukan menjadikan mahasiswa mandiri yang pada akhirnya mereka mampu
menghasilkan karya ilmiah atau makalah. Para mahasiswa diarahkan untuk memilih
salah satu Topik atau bab dari bacaan wajib yang dimiliki untuk menghasilkan
tugas akhir atau dapat memilih sumber-sumber lain yang relevan. Makalah,
sebagai tugas akhir, ditulis secara individual diserahkan satu minggu setelah ujian
akhir selesai. Mata kuliah ini tidak menuntut mahasiswa mengambil tes akhir,
tetapi makalah yang dihasilkan harus dikerjakan d engan Baik.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Para mahasiswa diharapkan akan mampu:
1) Mendeskripsikan pentingnya landasan pendidikan/pembelajaran dalam
praktik di sekolah dengan menggunakan ungkapannya sendiri;
2) Mendeskripsikan beberapa pandangan yang memberikan kontribusi bagi
landasan pendidikan/pembelajaran secara bebas;
3) Menjelaskan bahwa guru merupakan sebagai seorang professional
dalam menjalankan tugasnya;
4) Menjelaskan peran siswa/peserta didik dalam konteks kelas saat ini
dengan ungkapan sendiri;
5) Menjelaskan bagaimana sekolah dibentuk dan dibangun oleh masyarakat,
budaya dan etika/moral;
6) Mengungkapkan unsur-unsur kunci dalam praktik professional dalam
kelas/sekolah;
7) Memaparkan mengapa guru perlu merancang, menyampaikan, dan menilai
pembelajarannya;
8) Menjelaskan bagaimana menjadi seorang guru yang sukses, atau
menjadikan guru sukses.
MATERI
Topik-topik yang dikaji
dalam semester ini meliputi sebagai berikut:
1) Landasan Pendidikan dan Pengajaran (teaching and the foundation
of education)
2) Guru yang Profesional (becoming a professional teacher )
3) Siswa dalam Konteks Pembelajaran Saat Ini
(students
in today’s classroom)
4) Hubungan Orang Tua, Keluarga, Masyarakat
dalam Pendidikan (parents, families, and the community; partners in education)
5) Sekolah dalam Konteks Sosial (social context of school)
6) Pengajaran ditinjau dari segi Profesional dan
Etika (professional
and ethical context of teaching)
7) Keberagaman dan Konteks Kultural dalam
Pengajaran (diversity
and the cultural context of teaching)
8) Kurikulum (curriculum)
9) Perencanaan, Penyampaian, dan Asesmen
Pembelajaran (planning,
delivering, and assessing instruction)
10) Management Kelas dan Perilaku (classroom and
behavior management)
11) Teknologi dan Pengajaran (technology and teaching)
12) Topiks lain yang relevan dikembangkan oleh
Mahasiswa (optional
selected by students)
BACAAN WAJIB
1. Diaz, C.F., Pelletier,
C.M., & Provenzo, Jr., E.F. 2006. Touch
the future...Teach!
Boston, MA: Pearson Education, Inc.
2. Cohen, L., Manion, L., Morrison, K.
& Wyse, D. 2010. A guide to teaching
Practice. Revised fifth
edition. 270 Madison Avenue, New York:
Routledge
3. Dikembangkan sendiri oleh mahasiswa
AKTIVITAS PEMBELAJARAN
No
|
Waktu
Pertemuan
|
Bahan
Kajian
|
Pelaksana
|
Alokasi
|
1
|
Orientasi dan Penjadwalan
|
Dosen
|
||
2
|
Lanjutan – Landasan-land
|
|||
3
|
Topik 1
|
|||
4
|
Topik 2
|
|||
5
|
Topik 3
|
Mahasiswa
|
||
6
|
Topik 4
|
Mahasiswa
|
||
7
|
Topik 5
|
Mahasiswa
|
||
8
|
Topik 6
|
Mahasiswa
|
||
9
|
Review dan Refleksi
|
Dosen-Mahasiswa
|
||
10
|
Topik 7
|
Mahasiswa
|
||
11
|
Topik 8
|
Mahasiswa
|
||
12
|
Topik 9
|
Mahasiswa
|
||
13
|
Topik 10
|
Mahasiswa
|
||
14
|
Topik 11
|
Mahasiswa
|
||
15
|
Topik 12
|
Mahasiswa
|
||
16
|
Review, Refleksi dan Tugas
|
Dosen-Mahasiswa
|
ASSESSMEN
Pada akhir semester, para mahasiswa dimnta menyerahkan tugas akhir
secara individual.
Kriteria:
1) Kehadiran 20
points
2) Partisipasi
25 points
3) Kerja Klp
25 points
4) Tugas akhir 30 points
a. Ketepatan (on time)
b. Analisis
c. Logis
d. Referensi (relevansi dan mutakhir)
5) Seluruh tugas diserahkan satu minggu setelah minggu final tes.
semoga memberi gambaran
hehehe....
Website paling ternama dan paling terpercaya di Asia
BalasHapusSistem pelayanan 24 Jam Non-Stop bersama dengan CS Berpengalaman respon tercepat
Memiliki 9 Jenis game yang sangat digemari oleh seluruh peminat poker / domino
Link Alternatif :
www.arenakartu.cc
100% Memuaskan ^-^