Rabu, 20 November 2013

Abstrak Skripsiku

ABSTRAK

Abidin, M Zaenal. 2012. Pengaruh Desain, Lingkungan Sosial Dan Ambien Terhadap Minat Pembelian Ulang. Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. H. Bambang Banu Siswoyo, M.M., (2) Handri Dian Wahyudi, S.Pd., M.Sc.

Kata Kunci : Desain, Lingkungan Sosial dan Ambien Toko, Minat Pembelian  Ulang.


Perkembangan usaha ritel mengalami perkembangan pesat salah satunya adalah Smesco Mart Al hikam. Salah satu indikator suksesnya suatu retail adalah minat pembelian ulang yang tinggi. Minat pembelian ulang yang tinggi menunjukkan kepuasan konsumen. Ada banyak hal yang menjadi pertimbangan konsumen dalam memutuskan untuk melakukan transaksi pembelian salah satunya adalah atmotfer toko yang terdiri dari desain, lingkungan sosial dan ambien toko. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh variabel desain, lingkungan sosial dan ambien toko terhadap minat pembelian ulang konsumen Smesco Mart Al Hikam Malang.
Jenis penelitian ini adalah asosiatif kausalitas. Penelitian ini mempunyai dua variabel, yaitu variabel independen (X) yaitu desain, lingkungan sosial, dan ambien, Sedangkan variabel dependen (Y) adalah minat pembelian ulang konsumen Smesco Mart Al Hikam Malang. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang pernah melakukan transaksi pembelian di Smesco Mart Al Hikam lebih dari satu kali. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan teknik accidental sampling dengan jumlah responden ditentukan  sebanyak 50 responden sebagai sampel. Teknik analisa yang digunakan adalah teknik analisis regresi linier berganda. Data diperoleh melalui responden dengan menggunakan alat pengumpul data berupa angket/kuesioner tertutup dan wawancara serta diukur dengan menggunakan skala Likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) desain berpengaruh positif terhadap minat pembelian ulang, (2) lingkungan sosial tidak berpengaruh terhadap minat pembelian ulang, (3) ambien berpengaruh positif terhadap minat pembelian ulang dan menjadi variabel paling dominan.

Saran yang dapat disampaikan berkaitan dengan hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) kepada Smesco Mart Al Hikam hendaknya selalu meningkatkan atau tetap mempertahankan faktor-faktor yang berpengaruh positif terhadap minat pembelian ulang seperti kerapian rak dan display, (2) serta mengevaluasi faktor yang tidak berpengaruh positif terhadap minat pembelian ulang yaitu pramuniaga berseragam, ramah dan lebih baik dalam melayani.

ABSTRACT

Abidin, M Zaenal. 2012. The Influence of Design, Social Environment, and Ambient toward Customer’s Re-purchase Intention.  Sarjana’s Thesis. Department of Management, Faculty of Economics State University of Malang. Advisors: (1) Prof. Dr. H. Bambang Banu Siswoyo, M.M., (2) Handri Dian Wahyudi, S.Pd., M.Sc.

Key Words: Design, Social Environment Shop’s Ambient, Repurchase Intention.

The development of a retail business has expanded rapidly. One of the evidence of this occurrence is the development one of Al hikam Smesco Mart. Commonly, one of those indicators which hint the success of retail business is high interest for the customers to re-purchase the products. In fact, it can be used as the evidence that the customers is satisfied that make them come back and purchase. Hence, there are many things that need to be put into consideration for the customers to do re-purchases, one of them is the shop’s atmosphere in which it consist of design, social environment and stores ambient. On the other hand, the purpose of this study is to determine: (1) the influence of design variables, the social environment, and store ambient toward the customers’ Re-purchase Intentionthe product on Smesco Mart Al Hikam Malang.
This type of research falls under associative causality research. Yet, this study has two variables, namely the independent variable (X) specified as design, social environment, and ambient, while the dependent variable (Y) is the customers’ Re-purchase Intention the product in Smesco Mart Al Hikam Malang. Henceforth, the population of this study is taken from the customers who shop in Smesco Mart Al Hikam more than one time. Sampling technique used in this study is accidental sampling technique in which the number of the respondent as determined by 50 respondents. Furthermore, the technique used is Multiple Linear Regression Analysis. Later on, the data are obtained through closed-ended questionnaires and interviews as well as measured using a Likert scale. As a result, this study showed that: (1) the design bring about a positive impact on re-purchasing the product, (2) the social environment does not affect the interest of re-purchasing activity, (3) shop’s ambient has positive effect on re-purchasing interest and, in fact, it sbecome the most dominant variable.
Last but not least, suggestions may be submitted relating to the results of this study are as follows: (1) the Al Hikam Smesco Mart should always improve or maintain factors that positively affected the interest in re-purchasing the product such the neatness of shelving and displaying, (2) and it should evaluate factors that have no positive effect on customers’ Re-purchase Intentionthe product such as uniformed saleswoman, friendly and better at serving.

0 komentar:

Posting Komentar

Edufunia Right. Diberdayakan oleh Blogger.