ABSTRAK
Abidin, M Zaenal. 2012. Pengaruh Desain, Lingkungan Sosial Dan
Ambien Terhadap Minat Pembelian Ulang. Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas
Ekonomi, Universitas Negeri Malang .
Pembimbing (1) Prof. Dr. H. Bambang
Banu Siswoyo, M.M., (2) Handri
Dian Wahyudi, S.Pd., M.Sc.
Kata Kunci : Desain,
Lingkungan Sosial dan Ambien Toko, Minat Pembelian Ulang.
Perkembangan usaha ritel mengalami perkembangan pesat salah satunya
adalah Smesco Mart Al hikam. Salah satu indikator suksesnya suatu retail adalah
minat pembelian ulang yang tinggi. Minat pembelian ulang yang tinggi
menunjukkan kepuasan konsumen. Ada banyak hal yang menjadi pertimbangan
konsumen dalam memutuskan untuk melakukan transaksi pembelian salah satunya
adalah atmotfer toko yang terdiri dari desain, lingkungan sosial dan ambien
toko. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh variabel
desain, lingkungan sosial dan ambien toko terhadap minat pembelian ulang konsumen
Smesco Mart Al Hikam Malang.
Jenis penelitian ini adalah asosiatif kausalitas. Penelitian ini mempunyai dua variabel, yaitu
variabel independen (X) yaitu desain, lingkungan sosial, dan ambien, Sedangkan variabel dependen (Y) adalah minat pembelian ulang konsumen Smesco Mart Al Hikam Malang. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang pernah melakukan transaksi pembelian di Smesco Mart Al
Hikam lebih dari satu kali. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan
teknik accidental sampling
dengan jumlah responden
ditentukan sebanyak 50 responden sebagai sampel. Teknik analisa yang
digunakan adalah teknik analisis regresi linier berganda. Data diperoleh
melalui responden dengan menggunakan alat pengumpul data berupa angket/kuesioner
tertutup dan wawancara serta diukur dengan menggunakan skala Likert. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa: (1) desain berpengaruh positif terhadap minat pembelian ulang, (2) lingkungan
sosial tidak berpengaruh
terhadap minat pembelian ulang, (3) ambien berpengaruh positif terhadap minat pembelian ulang dan
menjadi variabel paling dominan.
Saran yang dapat disampaikan berkaitan
dengan hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) kepada
Smesco Mart Al Hikam hendaknya selalu meningkatkan atau tetap mempertahankan
faktor-faktor yang berpengaruh positif terhadap minat pembelian ulang seperti
kerapian rak dan display, (2)
serta mengevaluasi faktor yang tidak berpengaruh positif
terhadap minat pembelian ulang yaitu pramuniaga berseragam, ramah dan lebih
baik dalam melayani.
Abidin, M Zaenal. 2012. The Influence of Design, Social Environment,
and Ambient toward Customer’s Re-purchase Intention. Sarjana’s Thesis. Department of Management,
Faculty of Economics State University of Malang. Advisors: (1) Prof. Dr. H. Bambang Banu Siswoyo, M.M.,
(2) Handri Dian Wahyudi, S.Pd., M.Sc.
Key Words: Design, Social Environment Shop’s Ambient, Repurchase
Intention.
The development of a retail business has
expanded rapidly. One of the evidence of this occurrence is the development one
of Al hikam Smesco Mart. Commonly, one of those indicators which hint the
success of retail business is high interest for the customers to re-purchase
the products. In fact, it can be used as the evidence that the customers is
satisfied that make them come back and purchase. Hence, there are many things that
need to be put into consideration for the customers to do re-purchases, one of
them is the shop’s atmosphere in which it consist of design, social environment
and stores ambient. On the other hand, the purpose of this study is to
determine: (1) the influence of design variables, the social environment, and store
ambient toward the customers’ Re-purchase Intentionthe product on Smesco Mart
Al Hikam Malang.
This type of research falls under associative
causality research. Yet, this study has two variables, namely the independent
variable (X) specified as design, social environment, and ambient, while the
dependent variable (Y) is the customers’ Re-purchase Intention the product in Smesco
Mart Al Hikam Malang. Henceforth, the population of this study is taken from the
customers who shop in Smesco Mart Al Hikam more than one time. Sampling
technique used in this study is accidental
sampling technique in which the number of the respondent as determined by
50 respondents. Furthermore, the technique used is Multiple Linear Regression Analysis.
Later on, the data are obtained through closed-ended questionnaires and
interviews as well as measured using a Likert
scale. As a result, this study showed that: (1) the design bring about a
positive impact on re-purchasing the product, (2) the social environment does
not affect the interest of re-purchasing activity, (3) shop’s ambient has positive
effect on re-purchasing interest and, in fact, it sbecome the most dominant
variable.
Last but not least, suggestions may be
submitted relating to the results of this study are as follows: (1) the Al Hikam
Smesco Mart should always improve or maintain factors that positively affected the
interest in re-purchasing the product such the neatness of shelving and displaying,
(2) and it should evaluate factors that have no positive effect on customers’ Re-purchase
Intentionthe product such as uniformed saleswoman, friendly and better at
serving.
Website paling ternama dan paling terpercaya di Asia
BalasHapusSistem pelayanan 24 Jam Non-Stop bersama dengan CS Berpengalaman respon tercepat
Memiliki 9 Jenis game yang sangat digemari oleh seluruh peminat poker / domino
Link Alternatif :
www.arenakartu.cc
100% Memuaskan ^-^