Minggu, 10 November 2013

UM dan Karakteristik Manusianya

Assalamualaikum, Hello sahabat edufunia. ^-^ kita akan sedikit mengulas tentang UM dan karakter seharusnya.

Logo UM

UM adalah akronim dari Universitas Negeri Malang, kenapa tidak UNM, kan lebih enak?? Ya, Karena sudah dipakai oleh Universitas Negeri Makassar dan yang menjadi permasalahan setiap menyebutkan UM masih banyak masyarakat umum yang mengartikan Universitas Muhammadiyah. Hmmm… Bukankah UM salah satu kampus yang ternama di Malang. kenapa nama UM masih kurang terkenal ya.!? Ketika dijelaskan kalau UM adalah dulunya IKIP Malang, baru mengerti bahwa UM itu bukan Universitas Muhammadiyah Malang.

salah satu kelebihan atau positioning dari Universitas Negeri Malang (UM) adalah pendidikannya atau biasa di sebut The Learning University . UM sebagai The Learning University telah menjadi kebijakan resmi universitas yang dikukuhkan pada Lustrum UM yang ke-55. Penetapan UM sebagai The Learning University sebagai jati diri UM telah melalui proses perenungan yang mendalam melalui serangkaian pemikiran, diskusi partisipatif, perenungan, dan musyawarah yang disemangati nilai-nilai kekeluargaan, kebersamaan, dan pendidikan sejak kelahirannya pada tanggal 18 Oktober 1954 telah menjadi modal berharga untuk mewujudkan UM sebagai The Learning University.
Tentunya brand the learning university telah melekat dan menjadi jati diri UM, dan  pertanyaannya adalah pantas dan sesuaikah apa yang dicita-citakan dengan realita yang ada saat ini? Tentunya kepantasan dan kesesuaian itu menjadi harapan, amanah dan tugas bagi setiap bagian keluarga UMdah berikut merupakan strategi untuk menjadikan UM sebagai the learning university yang sesungguhnya sebagai berikut:
1.      Membangun sikap positif terhadap belajar.
2.      Mengenali Kendala-kendala Belajar.
3.      Mengelola pembelajaran organisasi.
4.      Menentukan jenis kegiatan belajar yang tepat.
5.      Menjadikan diri sebagai pembelajar seumur hidup
6.      Bersikap terbuka terhadap belajar
7.      Berani menghadapi resiko yang timbul dari proses dan hasil belajar
8.      Memandang belajar sebagai tanggung jawab pribadi.

Apapun strategi yang dilakukan oleh keluarga UM pada hakikatnya tak terlepas dari prinsip belajar dan diilhami oleh wawasan universal lifelong learning, lifelong education, education for all, dan education for sustainable development. semoga Insan UM tak lelah dan tak bosan untuk terus belajar dan mengajar. Insyallah...
cukup sekin dulu yaa... salam edufunia... belajar senang dan senang belajar
Wassalamualaikum WAR.WAB. ^-^

0 komentar:

Posting Komentar

Edufunia Right. Diberdayakan oleh Blogger.