Senin, 03 Maret 2014

Smesco Mart Al-Hikam

Menganalisis Atmosfir Toko retail SMESCO Mart Al-Hikam. 
Jln. Cengger Ayam No 25  Malang
 
Bertempat di pesantren mahasiswa Al-hikam Malang selama 4 tahun lebih dan sudah berkali-kali mengunjungi Smesco mart Al-hikam, tak ada salahnya jika saya menganalisis toko retail favorit masyarakat ini. saya sebagai anak ekonomi dan bisnis ingin mengetahui mengapa al-hikam ini jauh lebih ramai dibandingkan retail indomaret dan alfamart sebelah. analisis ini tidak memenuhi syarat ilmiah yang bisa dibuktikan dengan pembuktian empiris, namun bukan pula sangat subjektif karena saya anak Al-hikam. apapun itu inilah hasilnya. ini dia...!!
Dewasa ini persaingan dalam dunia bisnis semakin ketat dan banyak perusahaan yang dituntut untuk dapat memberikan pelayanan yang terbaik bagi konsumen atau pelanggannya dalam memenuhi semua keinginan konsumen. Konsumen merupakan hal yang penting untuk kelangsungan sebuah perusahaan, oleh karena itu mempertahankan konsumen sangatlah perlu dilakukan oleh sebuah perusahaan, agar kesuksesan sebuah perusahaan dapat tercapai. Berdasarkan hal tersebut pelayanan merupakan landasan dasar yang memperkuat keseluruhan proses pemasaran untuk dapat terus berjalan.
Atmosfer toko adalah gambaran suasana keseluruhan dari sebuah toko yang diciptakan oleh elemen fisik (eksterior, interior, display) dan elemen psikologis (kenyamanan, pelayanan, kebersihan, ketersediaan barang, kreativitas, promosi, teknologi
EXTERIOR SMESCO ALHIKAM.

Menganalilisi mengenai retail yang saya jadikan obyek penelitian yaitu mini market smesco mart di jalan Cengger Ayam No 25 mulai dari atmosfer toko yan dijelaskan diatas yang saya rasakan  ekteriornya ada standarisasi karena mulai penataan pintu jendala sehingga isi yang di dalam toko kelihatan. Lahan parkir yang ada di depan alhikam cukup luas bisa menampung belasan sepeda motor dan beberapa mobil
INTERIOR SMESCO ALHIKAM.
 Interior dalam market tersebut juga saya lihat sudah ada setingan dengan penataan sejajar menurut saya itu sangat membantu calon pembeli untuk memudahkan mencari barang yan dicari, display dari market tersebut saya melihatnya barang barang tertentu sedikit jika kita ingin membeli dalam jumlah banyak tidak ada sahingga kadang kala pada waktu mencari barang yang di beli tidak tersedia sehingga kadang kala itu membuat konsumen enggan kembali, sedangkan kenyaman, pelayanan, kebersihan, keseterdiaan barang, kreativitas, promosi teknologi saya kira sudah mewadai karna sudah ada standarisasi dari pusat sehingga suasana market sangan nyaman mulai dari penyapaan di awal masuk, ruangan sejuk, lantai bersi, mesin kasir yang diengkapi sensor, pmbayaran bisa lewat kartu, dll.
Lokasi adalah suatu tempat yang di pertimbangkan perusahaan dalam mendirikan usahanya karna mempengaruhi tingkat penjualan suatu usanya biasanya dilhat dari kedekatan bahan baku,  dekat dengan SDM yang terampl, dan konsumen akhir. Lokasi dari smesco mart saya kira sudah tepat dalam penentuan dan penenmpatanya karena dari analisis dan survei yang saya lakukan terdapat fakta di panjaitan adalah tergolong  permukiman padat penduduk, kebanyakan penduduknya pegawai dan mahasiswa yang kost serta di lokasi pendirian usaha tidak terlihat market sejenis yang menjadi pesaing smesco mart.
Image adalah citraan sebuah usaha atu perusahaan  di mata masarakat yang mempengaruhi persepektif terhadap baik dan buruknya suatu perusahaan atau usaha. Image smesco mart di mata konsumen saya melihat cukup baik karena adapun permasalahan yang ada di masarakan mulai dari penguasaan pagsa pasar market dan pembunuhan secara halus pada retail kecil rumahan, tapi dalam analisis yang saya lihat citra smesco mart sangat berpengaruh karena tingkat orang yang membeli di sana lebih tinggi dari pada di toko kecil rumahan. Karena kultur di indonesia saya melihat orang lebih kelihatan sedikit kaya kalo membeli di pusat pembelanjaan yang punya nama meskipun belinya hanya mie instan.
Harga adalah suatu nilai tukar yang bisa di samakan dengan uang atau barang lain untuk manfaat yang diperoleh dari suatu barang atau jasa bagi seseorang atau kelompok pada waktu tertentu dan tempat tertentu. Harga di pusat pembelanjaan seperti di alframart saya menganalisisnya tidak cukup murah, malah saya melihatnya makin mahal karena pajak tertanggung oleh konsumen belum lagi ada insentif pajak lagi untuk beban pembayaran pegawai beda dengan retail rumahan yang saya kira lebih murah karna tidak ada beban yang tertanggung banyak seperti di smesco mart.
Layout toko adalah gambar tampak atas yang berskala dari sebuah area toko yang memperlihatkan, pembagian area sebagai berikut:
a.       Area back office : ruang karyawan, ruang penerimaan barang, gudang, ruang preparasi, toilet, mushola, ruang makan, ruang mekanikal & elektrikal.
b.      Area penjualan : area yang dirancang untuk mendisplay barang, terjadinya interaksi antara konsumen dan karyawan, demo produk dll.
c.       Area penunjang : fitting room, transportasi vertical, main road, toilet.

Layout toko dari penjelasan di atas di bagi menjadi 3 bagian mulai dari Area back office yang saya melihatnya kurang mewadai sebagai contoh di alfamar tidak di lengkapi ruang karyawan, ruang preparasi, toilet, mushola, ruang makan, ruang mekanikal & elektrikal, sehinga konsumen tidak bisa lebih lama di tempat market mungkin juga karena tempat yan kecil dan juga sifatnya cepat. Area penjualan yang saya lihat di smesco mart sudamewadai untuk pengunjung berintraksi karena kasir terdapat 2 tempat, sedangkan kurangnya di tempat demo prodak belum tersedia sehingga kalo ada barang baru konsumen jarang yang mengetahi adanya barng tersebut. Area penunjang ini yang saya lihat tidak tersedia di smesco mart mak dari itu sebaknya area penunujang ini di adakan karena mempengarui kenyamana konsumen dalam berbelaja di smesco mart.
KELEBIHAN-KELEBIHAN SMESCO MART AL-HIKAM
Beberapa kelebihan yang dimiliki oleh smesco mart alhikam waktu kami mengunjungi dan observasi disana kami temui yaitu:
1.      memberikan service excellence yang meliputi kecepatan, ketepatan, keramahan dan kenyamanan.
2.      Letak yang sangat strategis berdekatan dengan 3 ATM dan pusat pendidikan.
3.      Terdapat beberapa pedagang yang berada di depan toko sehingga membuat smesco seolah-olah rame.
4.      Harga Produknya murah karena tidak ada biaya waralaba dan biaya karyawan minim Karena dijaga oleh santri sendiri.
5.      Produk variance yang lengkap
KEKURANGAN-KEKURANGAN SMESCO MART ALHIKAM

  1. Seringnya menerima anak magang membuat smesco mart kurang maksimal dan kurang cekatan ketika ada masalah
  2. Jalan raya yang tidak lurus, agak berbahaya bagi pejalan kaki
  3. Seragam dan performa karyawan termasuk kurang tanggap dibandingkan retail modern lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Edufunia Right. Diberdayakan oleh Blogger.