Sabtu, 26 April 2014

BERKENALAN DENGAN PERBANKAN SYARIAH

Tak kenal maka tak sayang, begitu pepatah mengatakan. Meski ada sesuatu yang baik namun tidak dikenal sulit bagi kita menyayanginya. Meskipun hadir dengan beberapa karakteristik dan kelebihan, masih banyak perdebatan tentang baik tidaknya bank syariah. atau sekedar melihat perbedaan bank syariah dan bank konvensional kurang mendalam sehingga melahirkan kesimpulan “sama saja”. Pertanyaannya. Kalau memang sama, mengapa bank konvensional harus membuka bank syariah?. Tentu ada perbedaan antara keduanya. Tulisan ini membahas secara umum perbedaan bank syariah dengan konvensional

A.    Islam Is The Perfect Religion
Islam adalah agama series terakhir. Agama dari tuhan semesta alam yang dibawa oleh muhammad SAW sebagai penyempurna agama sebelumnya. Seperti halnya operating sistem (OS) window atau machintos series terbaru menyempurnakan series pendahulunya seperti window XP disempurnakan menjadi Window Vista, dan vista disempurnakan lagi menjadi Window 7 dst hingga series terakhir. Tentunya ada beberapa aplikasi, fitur, tampilan dll dari window 7 yang tidak dimiliki oleh window xp maupun vista.
الْيَوْمَ أَكْمَلْتُ لَكُمْ دِينَكُمْ وَأَتْمَمْتُ عَلَيْكُمْ نِعْمَتِي وَرَضِيتُ لَكُمُ الإسْلامَ دِينًا (٣)
pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Ku-cukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Ku-ridhai Islam itu Jadi agama bagimu.
Apa saja yang diatur oleh islam? Islam mengatur segalanya. Islam adalah ajaran yang lurus, sempurna, menyeluruh, dan dapat diterapkan kapanpun dan dimanapun. Tidak hanya mengatur hal-hal agama dan akhirat, namun juga hal-hal dunia. Bukan hanya sekedar sholat, puasa, khitan dll tapi juga bidang ekonomi, politik, pendidikan, sosial dll. Dari mengatur ekport-import, transaksi di pasar dll sampai menerima tamu, senyum bahkan ke kamar kecil sekalipun.
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا ادْخُلُوا فِي السِّلْمِ كَافَّةً وَلا تَتَّبِعُوا خُطُوَاتِ الشَّيْطَانِ إِنَّهُ لَكُمْ عَدُوٌّ مُبِينٌ (٢٠٨)
208. Hai orang-orang yang beriman, masuklah kamu ke dalam Islam keseluruhan, dan janganlah kamu turut langkah-langkah syaitan. Sesungguhnya syaitan itu musuh yang nyata bagimu.

B. Al-Qur’an Is Holy Book
Apakah al-qur’an itu benar? Bolehkah kita meragukan kebenarannya? islam mempunyai kitab suci dan murni tidak ada keraguan didalamnya yaitu Al-Qur’an yang tanpa tambahan atau pengurangan sedikitpun. Meragukannya boleh-boleh saja. Karena ragu merupakan sikap kita terhadap sesuatu yang belum teruji kebenarannya. Contoh ketika saya bilang “benar, pesawat ini bisa melaju melebihi kecepatan suara“. Ada yang yakin karena sudah tahu, namun juga ada yang ragu karena belum mengetahui hal tersebut dan menganggap itu tidak masuk akal. Contoh lain pada hari perhitungan nanti tangan kaki kita yang berbicara, benarkah itu bisa terjadi?
Al-qur’an diturunkan 14 abad lalu, beberapa kebenarannya ditemukan ketika ilmu-ilmu dan perkembangan teknologi sudah maju. Beberapa diantaranya dalam ilmu astronomi. Pada awal abad ke-20, fisikawan rusia, alexander friedmann, dan ahli kosmologi belgia, george lemaitre, secara teoritis menghitung dan menemukan bahwa alam semesta senantiasa bergerak dan berkembang
أَوَلَمْ يَرَ الَّذِينَ كَفَرُوا أَنَّ السَّمَاوَاتِ وَالأرْضَ كَانَتَا رَتْقًا فَفَتَقْنَاهُمَا وَجَعَلْنَا مِنَ الْمَاءِ كُلَّ شَيْءٍ حَيٍّ أَفَلا يُؤْمِنُونَ (٣٠)
30. dan Apakah orang-orang yang kafir tidak mengetahui bahwasanya langit dan bumi itu keduanya dahulu adalah suatu yang padu, kemudian Kami pisahkan antara keduanya. dan dari air Kami jadikan segala sesuatu yang hidup. Maka Mengapakah mereka tiada juga beriman?
Ayat diatas merupakan salah satu kebenaran al-qur’an, masih banyak tentunya ayat yang terbukti kebenarannya yang tidak mungkin dibahas disini. Jika masih terdapat keraguan akan al-qur’an silahkan mengikuti tantangan allah,
وَإِنْ كُنْتُمْ فِي رَيْبٍ مِمَّا نَزَّلْنَا عَلَى عَبْدِنَا فَأْتُوا بِسُورَةٍ مِنْ مِثْلِهِ وَادْعُوا شُهَدَاءَكُمْ مِنْ دُونِ اللَّهِ إِنْ كُنْتُمْ صَادِقِينَ (٢٣)
dan jika kamu (tetap) dalam keraguan tentang Al Quran yang Kami wahyukan kepada hamba Kami (Muhammad), buatlah satu surat (saja) yang semisal Al Quran itu dan ajaklah penolong-penolongmu selain Allah, jika kamu orang-orang yang benar. 23.

C.     islam Is The Way Of Life

Hukum-Hukum Islam


SEBAIKNYA DIHINDARI

 



Keistimewaan islam antara lain,
1.      Bersumber dari Allah SWT.(rabbaniyah)
2.      Universal dan komprehensif
3.      Keadilan yang mutlaq (‘adalah)
4.      Keseimbangan (tawazun)
5.      Mudah (easy)
6.      Perpaduan yang tetap (akidah, ibadah) dan berubah (muamalah)

Falsafah ekonomi syariah

KESEJAHTERAAN MASYARAKAT
MATERIAL DAN SPIRITUAL
(FALAH)





KEMASLAHATAN


KEADILAN



KESEIMBANGAN

UKHWAH

AQIDAH

SYARIAH

AKHLAK

Tiga Pilar Ekonomi Syariah:
-  aktifitas ekonomi yang berkeadilan dg menghindari eksploitasi berlebihan, excessive hoardings/ unproductive, spekulatif, dan kesewenang-wenangan.
-           adanya keseimbangan aktivitas di sektor riil-finansial, pengelolaan risk-return, aktivitas bisnis-sosial, aspek spiritual-material & azas manfaat-kelestarian linkungan
-           Orientasi pada kemaslahatan yg berarti melindungi keselamatan kehidupan beragama, proses regenarasi, serta perlindungan keselamatan jiwa, harta dan akal.

Fondasi Ekonomi Syariah:
Meletakkan tata hubungan bisnis dalam konteks kebersamaan universal (ukhuwah)  untuk mencapai kesuksesan bersama.
Kaidah2 hukum muamalah (syariah) di bidang ekonomi yang membimbing aktivitas ekonomi shg selalu sesuai dgn syariah.
Budi pekerti (akhlak) yang membimbing aktivitas ekonomi senantiasa mengedepankan kebaikan sbg cara mencapai tujuan.
Ketuhanan Yang Maha Esa (akidah) yg menimbulkan kesadaran bahwa setiap aktivitas manusia memiliki akuntabilitas ketuhanan sehingga menumbuhkan integritas yg sejalan dg prinsip GCG dan market discipline.

Kesuksesan yang hakiki dalam berekonomi berupa tercapainya kesejahteraan yang mencakup kebahagiaan (spiritual) dan kemakmuran (material) pada tingkatan individu dan masyarakat

0 komentar:

Posting Komentar

Edufunia Right. Diberdayakan oleh Blogger.