Selasa, 29 April 2014

TINGKATAN KEBENARAN

TINGKATAN KEBENARAN

Catatan pesantren bersama Ustadz Halim Rofi’i
Oleh : @Zaenal_Edufunia
(Santri Metropolis of Al-Hikam and Firdaus Malang)
 
Ust Halim Rofi'i : Pengasuh PesMa Firdaus Malang
Kebenaran itu ialah makanan jiwa yg membuat jiwa dan hati kita tenang dan mantap. Manusia selalu mencari kebenaran, membina dan menyempurnakannya sejalan dengan kematangan kepribadiannya. Jadi kita harus benar dan terus mencari kebenaran namun jangan merasa paling benar karena kebenaran mutlak hanyalah milik Allah.
kebenaran dibagi 4 tingkatan yaitu 1. kebenaran Indrawi, 2. kebenaran Ilmiah, 3. kebenaran filosofis, 4. kebenaran agama.

1. Kebenaran indrawi memiliki nilai nisbi/relatif/seolah-olah/bisa gini bisa gitu/bergantung kpd orang yg memandang contoh kecantikan wanita. di mata seorang pria, kecantikan wanita bersifat relatif. mengapa? karena instrument pengukurannya berbeda maka hasilpun berbeda. karena mata merupakan indra, maka sudutpandang pun mempengaruhi kemutlakannya. maka disebutlah kebenaran indrawi tersebut bernilai nisbi.
2. Kebenaran ilmiah. kebenaran ilmiah memiliki nilai empiris, sistematis, logis dll. namun kebenaran ilmiah tak bisa sampai pada metafisika . mungkinkah penelitian ilmiah meneliti ruh, syaitan/sihir/santet dll. ternyata tidak. knapa? ya karena sihir tak logis & tidak empiris.
3. Kebenaran filosofis. kebenaran filosofis ini memiliki nilai "spekulatif" artinya renungan mendalam & "nilai" sebagai indikator kebenaran. kebenaran filosofis ini dianggap benar jika sesuai/mendekati dengan nilai contoh putusan hakim dinilai benar jika "adil" dan dalam konteks ekonomi kapitalis manusia boleh di ekspolitasi dengan tujuan “efisiensi” karena nilai dari kapitalis adalah efektif dan efisien untuk profit sebesar-besarnya.
4. Kebenaran agama. kebenaran agama bersifat/benilai mutlak. apa2 dlm Al-qur'an itu mutlak. knapa mutlak? karena tak ada yg bisa merevisinya. Al-qur'an itu kebenaran mutlak karena tak ada yg bisa mengamandemennya. tak ada keraguan di dalamnya. ALQUR'AN is ABSOLUTE TRUTH

Keempat tingkat kebenaran ini berbeda-beda wujud, sifat dan kualitasnya bahkan juga proses dan cara terjadinya, disamping potensi subyek yang menyadarinya. Potensi subyek yang dimaksud disini ialah aspek kepribadian yang menangkap kebenaran itu. Proses dan Bentuk pemahaman dari kebenaran hukum agama islam dikenal dengan istilah usul fiqh dan fiqh.
pembawa risalah Al-qur'an adalah Muhammad. adakah yg meragukan integritas Muhammad yg mendapat gelar "Al-Amin"/"trusted one" ? TIDAK ADA. Muhammad menjadi orang paling berpengaruh sepanjang sejarah manusia dan dgn islam sebagai "Influence tool"nya. Islam is Perfect way of life.
Dan dengan segenap hati & jiwa, serta penuh kesadaran aku menyatakan: Allah, aku sudah tak main hati akan ajaranMu sepenuhnya aku percaya bahwa Engkau lebih tahu apa yang terbaik buat diriku. Allah, I put my trust in You...
رَضِيْتُ بِاللهِ رَبَّا وَبِالإِسْلاَمِ دِيْنَا وَبِمُحَمَّدٍ نَبِيًّا وَرَسُوْلاً
"Aku ridho Allah Tuhanku, Islam agamaku, dan Muhammad Nabi dan Rasulku"
I've accepted Allah as my Lord And Islam as my way of life And Muhammad PBUH As Allah's Prophet and Messenger.


Terimakasih Ust halim Atas ilmu, pengajaran dan pendidikanmu. Sukron Katsiroo.

2 komentar:

  1. terimakasih, selamat datang di blog saya. semoga bermanfaat. amin :-)

    BalasHapus

Edufunia Right. Diberdayakan oleh Blogger.